Sukses

Jokowi Tugaskan JK Lobi Parpol Sukseskan Pilkada Serentak

Presiden Jokowi menekankan, agar semua parpol memiliki komitmen untuk mengusung kandidatnya agar tidak terdapat calon tunggal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menugaskan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk melakukan lobi kepada para pimpinan partai politik yang akan ikut dalam pilkada serentak. ‎Termasuk memerintahkan JK agar partai yang selama ini mengalami masalah sengketa internal seperti Golkar dan PPP bisa islah.

"Dan Presiden sudah menugaskan Pak JK untuk menyelesaikan partai yang memiliki 2 kepengurusan untuk melakukan islah sementara, terbatas, khusus mengenai pencalonan termask juga bagaimana mengajak semua partai politik untuk menyukseskan pilkada serentak," kata Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Teten mengatakan, pemerintah mengimbau agar semua partai politik turut serta menyukseskan gelaran pilkada serentak. Sebab, kualitas demokrasi di Indonesia akan dinilai menjadi lebih baik melalui pelaksanaan pilkada tersebut. "Termasuk di dalamnya jangan sampai ada calon tunggal," ucap dia.

Teten menjelaskan, sejauh ini belum ada pembahasan khusus mengenai proses pilkada di daerah yang hanya terdapat 1 calon.

Polemik Calon Tunggal

Presiden Jokowi menekankan, agar semua partai politik memiliki komitmen untuk mengusung kandidat agar tidak terdapat calon tunggal.

"Ini untuk daerah-daerah yang dianggap incumbent-nya dianggap cukup kuat, kan enggak bisa semua diatur lewat undang-undang. Harus menjadi komitmen semua partai politik," ucap Teten.

Terkait dengan masih sedikitnya pendaftar calok kepala daerah di beberapa wilayah seperti di Jawa Barat dan wilayah lainnya, Teten optimistis, hingga batas akhir waktu pendaftaran, partisipasi masyarakat yang mendaftar sebagai kepala daerah melalui parpol maupun jalur Independen cukup banyak dan tiap daerah akan diikuti oleh lebih dari satu pendaftar.

"Semua waktunya masih ada, memang pemerintah masih optimis semua parpol akan menggunakan pilkada serentak ini untuk partisipasi, saya kira pada waktunya nanti akan mendaftar. Ini kesempatan untuk membangun demokrasi ke depan," ‎pungkas Teten. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Pilkada Serentak