Sukses

Ahok: Ada Pameran Buku, Pemegang KJP Gratis Naik Transjakarta

Fasilitas ini dapat dinikmati seluruh siswa pemegang KJP di semua koridor Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengizinkan siswa pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) menaiki bus Transjakarta secara gratis. Hal ini bertepatan dengan dibukanya pameran buku yang digelar Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

"Hari ini, sore saya akan buka Ikatan Penerbit Indonesia buat potongan harga bagi pemegang KJP. Saya juga akan uji coba para pemegang KJP naik Transjakarta tidak perlu bayar," kata Ahok di Makodam Jaya, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Dihubungi terpisah, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta Afrizal Sinaro mengatakan, fasilitas itu berlaku selama penyelenggaraan Jakarta Book Fair 2015 yang diselenggarakan hingga 3 Agustus 2015. Pemberian fasilitas ini juga untuk memudahkan siswa berkunjung ke Jakarta Book Fair 2015.

‎"Ini sesuai arahan bapak Gubernur. Jadi setiap pemegang KJP yang akan hadir di Jakbook menggunakan Bus Transjakarta gratis, cukup dengan menunjukkan kartunya saja saat mau naik bus," kata Afrizal.

Fasilitas ini dapat dinikmati seluruh siswa pemegang KJP di semua koridor Transjakarta. Selain itu, 20 bus sekolah disiagakan untuk mengantar jemput siswa dari sekolah menuju lokasi pameran.

Para pemegang KJP juga bisa gratis masuk Jakarta Book Fair 2015. Sedangkan untuk warga umum harus membeli JakCard dan mengisi ulang saldo melalui mesin EDC Bank DKI yang ada di lokasi.

"Dana KJP siswa dipergunakan untuk belanja buku, alat tulis, tas, sepatu, dan seragam sekolah. Bank DKI juga sudah menyediakan 2 ATM di lokasi," tandas Afrizal. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.