Sukses

Pesawat Jatuh Menimpa Perumahan Padat di Tokyo, 3 Tewas

Para ahli penerbangan akan meminta pemerintah Jepang untuk mempertimbangkan penutupan bandara yang berlokasi di area padat penduduk.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah pesawat kecil pribad jatuh di area perumahaan di Chofu,  barat Tokyo, Minggu 26 Juli 2015 pagi.  Jatuhnya pesawat itu mengakibatkan 3 tewas termasuk pilot mereka dan kebakaran. Lima orang dilaporkan luka dalam insiden itu.

Pesawat bermesin satu propeler ini membawa lima orang penumpang jatuh sekitar pukul 11.00 waktu Jepang dari Bandara Chofu 20 km dari ibu kota Jepang, Tokyo,  tak lama setelah lepas landas. Insiden ini membakar sembilan rumah sekitar bandara kecil itu.

Menurut pemadam kebakaran setempat, dua pria di pesawat dan satu wanita yang tertimpa bangunan tewas di lokasi. Salah satu pria yang tewas adalah Taishi Kawamura, pilot sekaligus kapten pesawat pribadi itu.

Burung besi jenis Piper Pa-46 ini sedang berlatih dari Bandara Chiba ke  Pulau Izu Ozhima, menurut Nippon Aerotech Co, pemilik perusahaan pesawat tersebut dan dibenarkan oleh kementerian transportasi Jepang.

Polisi akan menyelidiki apakah ada kemungkinan penyalahgunaan standar profesional yang dilakukan perusahaan tersebut. Namun Presiden Nippon  Aerotech Junji Koyama mengatakan bahwa standar pemeriksaan telah dijalankan secara ketat.

"Saya yakinkan bahwa seluruh pemeriksaan pesawat telah kami lakukan. Dan saya yakin bahwa pesawat dalam keadaan laik terbang," katanya kepada Mainichi.

Para ahli penerbangan akan meminta pemerintah Jepang untuk menutup bandara tersebut mengingat lokasinya berdekatan dengan area perumahan dan sekolah.

"Lagi pulang jarang sekali yang memakai Chofu kecuali  pesawat pribadi yang dipakai latihan oleh calon penerbang seperti hari ini. Insiden ini harus menjadi tolak ukur apakah bandara masih layak atau tidak," kata Yoshimoto Aoki, ahli penerbangan.

Walikota kota Chofu akan meminta pemerintah kota Tokyo untuk menutup bandara sampai investigasi selesai.

Selain bandara kecil ini, Jepang juga mempunyai bandar udara di area padat penduduk, yaitu Osaka Internasional dan Fukuoka Airport. Keduanya adalah bandara udara teramai selain Bandar Udara Narita. (Rie/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini