Sukses

4 Gempa Goyang Indonesia dalam 2 Hari Terakhir Paling Dicari

Dalam 2 hari terakhir, Indonesia disapa 4 gempa di sejumlah daerahnya. Berita itu paling dicari.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi negara yang rentan terhadap bencana gempa. Terbukti dalam 2 hari terakhir, sejumlah wilayahnya diguncang gempa sebanyak 4 kali.

Berita itu pun menjadi kabar yang paling dicari oleh pecinta Liputan6.com. Selain itu, gempa yang terjadi di Malang juga mendapat banyak perhatian.

Berikut 5 kabar paling diburu yang dihimpun Liputan6.com, Senin (27/7/2015):

1. Empat Gempa Goyang Indonesia dalam 2 Hari Terakhir

Tercatat 4 gempa bumi menggoyang Indonesia dalam 2 hari terakhir, yakni 25 dan 26 Juli 2015. Gempa-gempa itu membuat warga panik.

Gempa pertama terjadi pada Sabtu dini hari 25 Juli 2015 di Tenggara Ciamis, Jawa Barat. Kekuatan lindu 5,7 Skala Richter (SR) cukup membuat masyarakat setempat bergidik.

Apalagi pusat gempat terjadi di kedalaman yang cukup dangkal, 10 km. Sementara lindu terakhir terjadi di Papua pada dini hari tadi.

Lindu-lindu ini tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami. Berikut daftar 4 gempa yang terjadi dalam kurun waktu 25-26 Juli 2015, seperti yang dihimpun Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Malang

2. Gempa Hari Ini, Lindu Terbesar di Malang Sepanjang 2015

Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Jawa Timur, mencatat 2 gempa bumi mengguncang wilayah itu hari ini. Gempa tersebut tercatat sebagai lindu dengan kekuatan tertinggi yang terjadi di Malang sepanjang 2015.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Masripan, mengatakan gempa pertama terjadi pukul 14.05 WIB. Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) itu berkedalaman 56 km di 150 km selatan Malang.

Gempa susulan terjadi lagi pada 15.51 WIB dan masih berpusat di lokasi yang sama. Gempa susulan ini berkekuatan lebih kecil, yakni hanya 4,2 SR.

"Sepanjang tahun ini sudah 4 kali terjadi gempa di Malang, tapi untuk hari ini kekuatannya adalah yang terbesar dan menyeluruh. Untuk 3 kali gempa sebelumnya kekuatannya di bawah 5,2 SR," kata Masripan saat dihubungi di Malang.

Selengkapnya.

3. Gempa 6,3 SR di Malang Dirasakan hingga Yogyakarta

Gempa kembali dirasakan oleh warga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Warga Wonosari, Gunungkidul, merasakan gempa sekitar pukul 14.00 WIB.

Ari, warga Playen Wonosari, Gunungkidul mengatakan, gempa terjadi beberapa detik. Dia sempat keluar rumah saat gempa terjadi. Namun, setelah keluar rumah, gempa berhenti.

Dia lalu kembali ke rumah. "Iya kerasa sebentar. Terus keluar tadi ada warga juga yang keluar rumah dan merasakan gempa. Cuma sebentar saja, terus ya masuk lagi," ujar Ari kepada Liputan6.com.

Selengkapnya.

3 dari 3 halaman

Letusan Raung


4. Sebab Letusan Gunung Raung Tidak Sedahsyat Merapi

Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Jawa Timur masih bergeliat. Kadang, mengeluarkan debu vulkanik hingga menyebabkan sejumlah bandara ditutup. Namun terkadang juga tenang.

Raung berbeda dengan gunung-gunung lain, misalnya Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang pernah meletus dahsyat pada 2010. Kepala Badan Geologi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono menjelaskan, jenis magma Raung encer dan hanya keluar sedikit tanpa meledak.

Karena itu, hasil letusan yang terkumpul terus tersebut membuat Raung terus meninggi seakan tumbuh seperti pohon.

Sementara Merapi, lanjut dia, merupakan gunung dengan tipe letusan yang dahsyat. Sehingga pucuk gunung itu tidak pernah terlihat karena sering meletus.

Selengkapnya.

5. Gempa di Malang Guncang Gunung Raung

 Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 14.05 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa berkedalaman 10 kilometer itu terjadi 150 km barat daya Kabupaten Malang.

Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah memantau di wilayah terdekat lokasi gempa, untuk memastikan dampak yang ditimbulkan akibat gempa ini.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setyono mengatakan, pihaknya mendapat laporan guncangan akibat gempa dirasakan hingga di kawasan Gunung Raung.

Kendati, gempa yang berada di 122,54 km dari Pantai Sendangbiru, Sumbermanjing Wetan, Malang ini diyakini tidak mengakibatkan tsunami.

Selengkapnya. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.