Sukses

Jaksa Agung Bentuk Tim Kawal Penyerapan Anggaran

Dengan langkah ini diharapkannya pembangunan Indonesia dapat berjalan lancar sesuai program Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan membentuk tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (P4). Tim nantinya bertugas mengawal penyerapan anggaran pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Dengan adanya tim ini, sambung Prasetyo, para pejabat daerah tak perlu khawatir menyerap anggaran untuk pembangunan di wilayahnya. Sebab tim P4 akan memberikan penyuluhan atau pendampingan baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Kalau selama ini pejabat selalu dikatakan takut, kami akan kawal dan amankan mereka. Para pejabat bisa memanfaatkan itu dan bisa bertanya kepada kami," kata Prasetyo di Gedung Kejagung, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Ia menjelaskan, tim ini sengaja dibentuk sebagai salah satu cara pencegahan terjadinya tindak pidana penyelewengan penyerapan anggaran di seluruh daerah. Dengan langkah ini diharapkannya pembangunan Indonesia dapat berjalan lancar sesuai program Presiden Joko Widodo.

"Nanti titik beratnya lebih ke pencegahan atau preventif," ucap dia.

Namun saat pencegahan tak berhasil dan didapati adanya bukti-bukti penyimpangan atau penyelewengan, Prasetyo menjamin kejaksaan tak segan-segan menindaknya. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.