Sukses

Ribuan Orang di Inggris Ramai-Ramai Cium Aroma Bunga Bangkai

Lebih 11 ribu orang muncul untuk mencium "bunga bangkai" asal Sumatera yang menghasilkan "bau daging busuk" saat mekar.

Liputan6.com, Cambridge - Lebih dari 11 ribu orang mengunjungi taman botani di Universitas Cambridge, Inggris. Kedatangan mereka untuk mencium bunga bangkai asal Sumatera yang menghasilkan "bau daging busuk" saat mekar.

Bunga yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum ini mulai mekar pada Sabtu 18 Juli 2015 dan mengeluarkan bau busuknya selama 5 hari sebelum layu. Pada mulanya bunga ini diperkirakan hanya akan mekar selama 48 jam.

Kurator taman Dr Dan Brockington mengatakan, respons masyarakat terhadap titan arum tersebut sangat mengejutkan.

"Sangat menyenangkan begitu banyak orang yang gembira karena sebuah tanaman," ujar Dr Dan Brockington seperti yang dikutip dari BBC, Jumat (24/7/2015).

(foto: bbc)

Amorphophallus titanum ini pertama kali mekar di taman dalam 11 tahun. Ribuan orang yang menonton perkembangan tanaman busuk ini pada webcam, sempat membuat sistem beberapa kali berhenti bekerja.

Bau busuk ini berguna untuk menarik perhatian penyerbuk. Aroma paling busuk keluar pada malam hari saat mencapai suhu 40 derajat Celcius. Hawa panas membantu penyebaran senyawa sulfur di wilayah luas Sumatra.

Ribuan orang rela mengunjungi taman pada saat jam buka khusus pada malam hari untuk merasakan pengaruh maksimal bau busuknya. (Mvi/Ado)
   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini