Sukses

Ridwan Kamil: 90% Sampah Kota Bandung Disumbang Wisatawan

Emil juga prihatin dengan perilaku beberapa wisatawan yang masih membandel saat liburan ke Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata saat musim libur tiba seperti masa Lebaran kali ini. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kota Bandung di Jawa Barat pun membuat produksi sampah meningkat.

Walikota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, saat liburan, produksi sampah meningkat dan 90% sampah disumbangkan oleh warga luar Kota Bandung atau wisatawan.

"Peningkatan jumlah sampah 90% disumbangkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Kalau warga Kota Bandungnya sendiri menurut saya sudah tersentuh kepedulian terhadap kebersihan," kata Ridwan Kamil, Kamis 23 Juli 2015.

Orang nomor satu di Kota Bandung ini menyebut, peningkatan jumlah sampah di beberapa lokasi dinilai wajar dan menandakan lokasi tersebut populer, serta menjadi salah satu destinasi wisata.

"Banyak tidaknya sampah relatif, tergantung manusianya. Semakin populer sebuah tempat semakin banyak manusia dan pasti membawa volume sampah yang berbanding lurus," terang dia.

Pasukan marching band berjalan bersama saat melakukan

Emil, sapaan Ridwan Kamil memprediksi, dalam beberapa hari ke depan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung masih banyak. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tertib selain meningkatkan pelayanan.

"Alhamdulillah relatif bersih karena PD (perusahaan daerah) Kebersihan berinovasi menempatkan mobil-mobil kebersihan dan jumlah petugas hampir 3 kali frekuensinya lebih banyak," kata dia.

Emil juga prihatin dengan perilaku beberapa wisatawan yang masih 'membandel' saat liburan ke Kota Bandung.

"Duduk sembarangan di bangku, bola batu itu saya cek 95% bukan orang Bandung. Feeling saya orang Bandungnya sudah kena kampanye ketertiban," tandas Ridwan Kamil. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.