Sukses

Sambut HUT ke-70 RI, Jalan di Makassar Dipenuhi Penjual Bendera

Pembeli itu rata-rata dari kantoran dan sekolahan.

Liputan6.com, Makassar - Pedagang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai memanfaatkan momen HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus dengan berjualan bendera merah putih serta umbul-umbul yang bernuansa merah putih. Pemandangan itu terlihat di sejumlah ruas jalan protokol di antaranya di Jalan AP Pettarani tepatnya di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulsel.

Kardi (27), warga Jalan Landak Kecamatan Rappocini, Makassar yang menjajakan bendera dan umbul-umbul di Jalan AP Pettarani mengatakan, harga bendera merah putih serta umbul-umbul yang dijualnya dibanderol Rp 50 ‎ribu per meter. Biasanya, pembeli mulai ramai pada 1 Agustus 2015.

"Pembeli itu rata-rata dari kantoran dan sekolahan. Per meter kami jual Rp 50 ribu," kata Kardi kepada Liputan6.com.

Kardi mengaku, keuntungan yang diperoleh dari hasil jualanya hanya Rp 5.000 hingga Rp 10.000. "Keuntungannya tipis yang didapatkan, mengenai kain juga kita beli langsung dari Surabaya dikirim melalui jalur laut. Sebelumnya di sini baru dijahit," ujar dia.

Kardi mengatakan, harga bendera yang dijualnya pada tahun lalu Rp 30.000. Namun, karena harga bahan pokok tahun ini naik, maka harga bendera dan umbul-umbul yang dijualnya pada peringatan hari kemerdekaan ke-70 tahun ini juga naik. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.