Sukses

Sepatu Tahan Bau Tentara China

Polisi China dari unit bersenjata sudah mencoba jenis sepatu baru.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi China dari unit bersenjata sudah mencoba jenis sepatu baru. Sepatu itu nantinya akan menggantikan sepatu dari kanvas berwarna hijau yang digunakan sejak awal 1950-an.

Situs Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan, sepatu baru yang berwarna hitam itu juga kurang berbau dibanding sepatu hijau --yang sering dijuluki "sepatu pembebasan".

Sepatu bot berwarna hitam akan digunakan untuk latihan, walaupun aparat masih menggunakan jenis lama jika sedang tidak bertugas atau latihan. Keputusan mengganti sepatu diambil setelah sekitar 180.000 tentara dan perwira PLA dimintai pendapatnya tentang sepatu bot hitam yang baru.

Perwira polisi dari unit bersenjata yang bertanggung jawab untuk rancangan sepatu, Man Xiandong, mengatakan, sepatu baru itu antibakteri dan tahan bau, seperti dilaporkan kantor berita resmi Xinhua.

Sementara itu seorang polisi unit bersenjata, Li Zhixiang, mengatakan, sepatu baru juga lebih ringan.

"Saya merasa seperti melangkah di atas tumpukan kain ketika berlari. Asrama kami juga tidak penuh dengan bau kaki sejak kami mengenakan sepatu baru tahun lalu," tutur Li di situs PLA, seperti dikutip dari BBC, Kamis (23/7/2015).

Sepatu kanvas hijau yang lama, sebenarnya sudah menjalani beberapa perbaikan kualitas sejak tahun 1950-an dan masih digunakan oleh sebagian besar unit di PLA.

Namun, sepatu itu tidak tahan air dan juga terlalu rendah sehingga pasir bisa masuk ke dalam dan tidak melindungi mata kaki. Selain itu, masalah bau tentunya. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • sepatu