Sukses

12 Ton Sampah per Hari Kotori Alun-Alun Bandung Selama Lebaran

Pada hari biasa, Dinas Kebersihan Kota Bandung hanya mengangkut 2-3 ton sampah.

Liputan6.com, Bandung - Taman Alun-Alun Bandung yang terletak di kawasan Masjid Raya Jabar (Masjid Agung) menjadi magnet baru bagi wisatawan di Kota Kembang. Mereka penasaran untuk mengunjungi taman yang menggunakan rumput sintetis ini.

Seiring dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung, jumlah sampah pun menggunung. Terlebih, ketika libur Lebaran lalu.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdiana, mengatakan jumlah sampah di Taman Alun-Alun Kota Bandung mencapai 12 ton setiap harinya pada libur Lebaran. Padahal, pada hari biasa, Dinas Kebersihan Kota Bandung hanya mengangkut 2-3 ton sampah.

"Ini sudah beberapa hari sampah bertumpuk di alun-alun dan jumlahnya meningkat hingga 300 persen dibanding hari biasa," kata Deni, di Bandung, Rabu (22/7/2015).

Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dan mengelola sampah yang dihasilkan juga menyumbang banyaknya sampah di lokasi ini.

Hal itu terlihat dengan banyaknya sampah yang menumpuk di rumput sintetis Taman Alun-Alun Kota Bandung, Padahal, pihaknya telah mengerahkan 32 personel kebersihan.

"Pengunjung alun-alun banyak dari luar kota, sehingga kesadaran buang sampah sangat kurang. Padahal kami siapkan 50 tong sampah di sekitar alun-alun," ucap Deni.

Mayoritas sampah di Alun-Alun Bandung, lanjut dia, merupakan sampah nonorganik, seperti botol minuman dan plastik.

"Lebih prihatin lagi banyak yang makan-makan dan bahkan hingga ngaliwet di alun-alun," pungkas Deni. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.