Sukses

Gempa 5,2 SR Getarkan Aceh

Gempa bumi kembali melanda Aceh. Namun kali ini tak sampai menyebabkan petaka.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali melanda Aceh. Lindu yang mengguncang Serambi Mekah tersebut berkekuatan 5,2 skala richter (SR).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya, Bmkg.go.id melaporkan, gempa terjadi pada Rabu (22/7/2015) sekitar pukul 12.35 WIB.

Pusat gempa berada 4.83 Lintang Utara dan 94.50 Bujur Timur. Atau di 129 km barat daya Kabupaten Aceh Besar dengan kedalaman 36 km.

Namun masyarakat tak perlu khawatir karena BKMG menyatakan, gempa ini tak berpotensi menimbulkan bencana tsunami. "Tidak berpotensi tsunami."

Aceh pernah mengalami nestapa akibat gempa. Pada 26 Desember 2004,  lindu bawah laut berkekuatan 9,1 skala Richter mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. Seluruh Bumi pun bergetar hebat.

Lalu yang kemudian adalah bencana. Gelombang raksasa muncul setinggi 30 meter, menghantam Aceh, Thailand, Sri Lanka, India, Maladewa, dan pesisir timur Afrika. Jutaan liter air laut tumpah ke daratan. Lebih dari 230 ribu nyawa melayang atau dinyatakan hilang. Menjadi salah satu bencana terdahsyat di Abad ke-21. (Ndy/Ein)

Baca juga: 25 Renungan Tsunami Aceh yang Membuat Hati Kita Bergetar...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh

  • Gempa Bumi

Video Terkini