Sukses

Bupati: Semua Kampung Sudah Terima Bantuan Bencana Hujan Es Papua

Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom mengklaim 26 kampung yang dilanda hujan es tak akan lagi kelaparan.

Liputan6.com, Jayapura - Bupati Lanny Jaya, Papua, Befa Jigibalom mengklaim 26 kampung yang dilanda hujan es tak akan lagi kelaparan. Ini karena bantuan sebanyak 7 ton beras dan makanan tambahan lain sudah diterima warga setempat.

"Semua kampung telah menerima bantuan, dipastikan tak ada lagi warga yang akan krisis pangan. Selain makanan, obat-obat-obatan dan tim medis juga sudah berada di kampung-kampung yang terkena bencana hujan es," kata Befa ketika dihubungi melalui telepon selulernya di Jayapura, Papua, Selasa (21/7/2015)

Dia menuturkan, seluruh bahan makanan, tim medis, dan obat-obat-obatan dikirimkan dengan menggunakan pesawat carteran berbadan kecil. Harga sewa pesawat berkisar Rp 33-36 juta untuk satu kali penerbangan.

Fenomena alam hujan es ini, menurut Bupati Befa merupakan siklus alam yang terjadi lima tahunan. Namun tahun ini, siklus ini terjadi setelah 10 tahun.

Kedatangan Menteri

Menurut dia, dahulu jika wilayah tersebut terkena hujan es, warga akan mengungsi ke daerah lain dan mengambil bahan makanan dari wilayah lain.

"Fenomena alam ini mendatangkan kelaparan, karena semua tanaman mati. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali melakukan penananam. Dalam masa tanam itulah warga akan kekurangan makanan, sehingga harus dibantu," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak Juliana Kelay menjelaskan, semua kampung yang mengalami hujan es di Kabupaten Puncak sudah menerima bantuan. Menurut Kelay, siang tadi seharusnya Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa akan terbang ke Distrik Agundugume di Kabupaten Puncak.

Namun karena cuaca buruk, Menteri Khofifah baru akan melakukan penerbangan ke distrik yang dilanda bencana pada hari ini. Bantuan yang dibawa Menteri Sosial ke Papua sebanyak 15 ton beras, selimut 600 lembar, mi instan 600 dos, lauk pauk 600 paket, dan makanan anak sebanyak 600 paket.

"Bantuan itu untuk tiga kabupaten yang wilayah terkena bencana, Kabupaten Puncak, Lanny Jaya dan Nduga," tutur Kelay.

Sejak awal Juli lalu, 3 kabupaten di Papua dilanda hujan es, yakni 3 distrik yang melanda Kabupaten Puncak, 2 distrik di Kabupaten Nduga, dan 3 distrik di Kabupaten Lanny Jaya. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini