Sukses

Puluhan Tahanan di Mesir Diduga Dihilangkan Paksa

Menurut HRW, ratusan orang sudah dibunuh dan lebih 40 ribu ditahan lewat operasi untuk mengatasi aksi unjuk rasa di Mesir.

Liputan6.com, Kairo - Puluhan orang di Mesir ternyata menghilang setelah ditahan secara rahasia oleh pihak keamanan. Demikian peringatan yang dikeluarkan organisasi HAM, Human Rights Watch.

Kelompok yang berkantor di Amerika Serikat tersebut menyatakan dalam beberapa kasus pejabat pemerintah menyangkal penangkapan atau menolak memberikan rincian nasib mereka.

Karena itu, seperti dikutip BBC, Rabu (22/7/2015), HRW mendesak pemerintah untuk segera mengungkapkan keberadaan mereka dan memproses pihak yang bertanggung jawab.

Penghilangan secara paksa merupakan sebuah pelanggaran serius menurut hukum internasional. Jika dilakukan secara sistematis sebagai bagian dari kebijakan, dapat dipandang sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Wakil direktur HRW Timur Tengah, Joe Stork, mengatakan di bawah Presiden Abdul Fattah al-Sisi, yang saat menjadi pemimpin militer menjatuhkan Presiden Mohammed Morsi di tahun 2013, aparat keamanan Mesir sangat berkuasa dan beroperasi nyaris tanpa kemungkinan dihukum.

Menurut HRW, ratusan orang sudah dibunuh dan lebih 40 ribu ditahan lewat operasi untuk mengatasi aksi unjuk rasa di Mesir. Sebagian besar adalah pendukung kelompok terlarang Ikhwanul Muslimin, selain pegiat sekuler dan liberal. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.