Sukses

BNPB: Tebing Air Terjun Sedudo Longsor Akibat Pohon Tumbang

Menurut BNPB, tebing air terjun Sedudo yang longsor tak ada kaitan dengan faktor cuaca seperti hujan atau angin.

Liputan6.com, Nganjuk - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membenarkan tebing air terjun Sedudo di kawasan wisata di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur longsor sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB. Namun tebing longsor ini tidak ada kaitan dengan faktor cuaca seperti hujan atau angin.

"Tebing (air terjun Sedudo) longsor di ketinggian 105 meter disebabkan oleh pohon kering yang tumbang disertai dengan batu dan material longsor menjatuhi wisatawan yang sedang berenang di air terjun. Kejadian berlangsung tiba-tiba," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (21/7/2015) malam.

"Akibatnya 3 orang tewas, 5 orang luka berat dan 7 orang luka ringan," imbuh Sutopo.

Sejauh ini, menurut Sutopo, BPBD Kabupaten Ngajuk dan Polres Nganjuk bersama masyarakat dan petugas lain melakukan pertolongan. Pada pukul 16 30 WIB korban dievakuasi ke RSUD Kabupaten Nganjuk.

Sebelumnya, kabar mengenai musibah tersebut didapat dari seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim. "Kejadian itu tadi pukul 16.00 WIB. Infonya, yang meninggal 3 orang," kata Diyan saat dihubungi Liputan6.com.

Adapun seorang petugas di Koramil Sawahan, Nganjuk, yang enggan disebutkan namanya menuturkan kronologi kejadian tersebut. Menurut dia, peristiwa itu terjadi pada petang hari.

"Kronologinya mulai pada Selasa 21 Juli 2015 pukul 16.15 WIB di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, pariwisata air terjun Sedudo telah terjadi longsor dari ujung atas sebelas kiri. Material longsor jatuh dari air terjun berketingian 100 meter," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa 21 Juli 2015.

Air terjun Sedudo adalah objek wisata yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 kilometer arah selatan ibukota Kabupaten Nganjuk.

Berada pada ketinggian 1.438 meter dari permukaan laut (mdpl), ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik dan jalur transportasi yang mudah diakses. (Ans/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini