Sukses

Korea Utara Tolak Tiru Iran soal Kesepakatan Nuklir

Kesepakatan ini memperlunak sanksi kepada Negeri Para Mullah ini. Embargo senjata dan sanksi rudal hanya berlaku dalam 5 dan 8 tahun lagi.

Liputan6.com, Pyongyang - [Korea Utara](/2276012 "") menyatakan tidak tertarik dengan tawaran AS untuk mengikuti cara Iran berdialog tentang nuklir.

"Tidak logis membandingkan situasi kami dengan Iran. Korut selalu dijadikan target oleh militer Amerika termasuk latihan bersama di dekat wilayah kami," kata Kementerian Luar Negeri Korut dalam pernyataannya di media resmi Korut seperti dikutip Guardian.

"Kami tidak tertarik sama sekali untuk mengadakan dialog ataupun menyerahkan nuklir kami. "Jelas-jelas, kami memiliki kekuatan nuklir dan ini urusan kami sendiri," lanjut Kementerian Luar Negeri Korut.

Amerika Serikat dan Iran telah mencapai kesepakatan bersejarah yang membatasi kemampuan nuklir Iran. Kesepakatan itu mencakup aturan mengenai pengawasan lokasi fasilitas nuklir di Iran sehingga pengawas PBB dapat meninjau.

Kesepakatan ini memperlunak sanksi kepada Negeri Para Mullah ini. Embargo senjata dan sanksi rudal hanya akan berlaku dalam 5 dan 8 tahun lagi.

Perjanjian Iran merupakan salah satu 'kemenangan' politis Obama. Tinggal menunggu kapan presiden kulit hitam pertama ini berhasil membujuk "musuh" lama, Korea Utara.

Seperti Iran, Korut juga dihimpit sanksi AS, Uni Eropa, dan PBB karena menggunakan nuklir untuk kepentingan militer mereka. (Rie/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini