Sukses

Rp 1,7 M Disiapkan untuk Renovasi Pasar Serangan Yogya

Menurut Suyana, Pasar Serangan menjadi satu-satunya dari 31 pasar tradisional di Kota Yogyakarta yang terpilih direnovasi pemerintah pusat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta segera melakukan renovasi Pasar Serangan sebagai bagian dari pelaksanaan Program Pembangunan dan Revitalisasi Pasar yang digulirkan pemerintah pusat.

"Proses revitalisasi fisik terus berjalan. Kami sudah ajukan lelang fisik untuk pembangunannya," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Suyana di Yogyakarta, Senin (20/7/2015).

Menurut Suyana, Pasar Serangan menjadi satu-satunya dari 31 pasar tradisional di Kota Yogyakarta yang terpilih sebagai sasaran program revitalisasi pasar dari pemerintah pusat.

Dana yang diperoleh Kota Yogyakarta untuk revitalisasi Pasar Serangan adalah sekitar Rp 1,7 miliar yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK).

"Dana yang diperoleh tidak banyak. Oleh karena itu, pasar yang menjadi sasaran pun termasuk pasar kecil," katanya.

Revitalisasi akan dilakukan untuk menata los pedagang agar lebih bersih dan rapi serta membangun parkir di atasnya sehingga parkir kendaraan bisa sejajar dengan jalan.

"Revitalsisasi juga diarahkan menata kios di lantai dua pasar. Banyak kios di lantai ini yang belum ditempati," katanya.

Ia berharap proses lelang revitalisasi pasar berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala sehingga kegiatan pembangunan fisik sudah bisa dilakukan mulai bulan depan.

"Targetnya, pembangunan bisa diselesaikan pada akhir tahun," katanya yang menyebut ada sebanyak 47 pedagang yang menempati los di Pasar Serangan.

Suyana menegaskan, sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang mengenai rencana revitalisasi tersebut dan pedagang memberikan tanggapan positif atas rencana tersebut.

"Harapannya, revitalisasi pasar bisa meningkatkan pemberdayaan pedagang sehingga pasar tradisional tidak tergerus oleh perkembangan pasar modern," katanya.

Pemerintah pusat memiliki program pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, akan dilakukan pembangunan dan revitalisasi 1.000 pasar tradisional dengan dana sekitar Rp 2 triliun. (Ant/Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini