Sukses

Puluhan Orang Tewas Diserang Pemberontak Houthi di Kota Aden

Pemimpin pemberontak Houthi menyangkal melakukan serangan, tetapi petugas kesehatan mengaku tembakan dari daerah kekuasaan pemberontak.

Liputan6.com, Aden - Paling tidak 43 orang tewas karena penembakan oleh pemberontak Houthi Yaman di Kota Aden. Sejumlah pejabat mengatakan setidaknya 120 orang lainnya terluka pada penyerangan Minggu 19 Juli 2015 waktu setempat itu.

Seperti dilansir BBC, Senin (20/7/2015), Aden selama ini memang menjadi tempat pertempuran sengit antara pemberontak dan pendukung pemerintah. Sementara serangan kemarin terjadi di tengah langkah pasukan pemerintah meningkatkan pengamanan kota di selatan negara tersebut.

Namun, pemimpin pemberontak Houthi menyangkal melakukan serangan, tetapi petugas kesehatan Yaman mengatakan penembakan berasal dari daerah kekuasaan pemberontak.

Pasukan propemerintah, dengan dukungan serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi, minggu lalu menguasai kembali sebagian besar wilayah kota, termasuk bandara.

Sementara Minggu kemarin, bentrokan sengit terjadi di daerah Dar Saad, Aden utara. Semalam milisi pendukung pemerintah gagal menguasai daerah kekuasaan pemberontak di kota itu, semenanjung Tawahi di selatan.

Pemerintah meninggalkan Aden pada bulan Maret, karena kelompok Houthi --kelompok Islam Syiah dari utara yang menguasai ibukota Sanaa-- mendesak ke arah ibukota provinsi. (Ado/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.