Sukses

Pengamat: Moeldoko Masuk Kabinet Tergantung Pertimbangan Jokowi

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai Moeldoko berpeluang dilirik oleh Presiden Jokowi masuk dalam jajaran kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut-sebut bakal merombak sejumlah pembantunya di Kabinet Kerja. Hal ini sebagai tindak lanjut atas evaluasi kinerja para menterinya.

Salah satu menteri yang paling kuat diisukan akan diganti adalah Menteri Koordinator Hukum Politik dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno. Mantan Panglima TNI Moeldoko pun disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti politisi Partai Nasdem tersebut.

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai Moeldoko berpeluang dilirik oleh Presiden Jokowi masuk dalam jajaran kabinet. Tentunya ada sejumlah pertimbangan dari Jokowi jika memilih Moeldoko.

"Kalau itu memang menjadi domain dari Pak Presiden," kata Zuhro di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/7/2015) malam.

Berkaca pada ditunjuknya Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), sambung Zuhro, sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa mantan Pangdam Jaya itu mampu dipercaya Presiden Jokowi sebagai orang nomor satu di barisan intelijen.

Oleh sebab itu, hal yang sama juga dapat terjadi pada Moeldoko. Menurutnya, peluang Moeldoko mengisi jabatan menteri juga bisa saja terjadi.

"Kita memang tidak mengira misalnya Bang Yos jadi Kepala BIN. Menurut saya tidak menutup kemungkinan juga bahwa akan ada pertimbangan-pertimbangan dari Bapak Presiden," ucap Zuhro.

Sebelumnya, kabar kalau Moeldoko digadang-gadang untuk posisi Menkopolhukam sudah terdengar sejak dia masih menjabat Panglima TNI. Apalagi kabar tentang akan adanya reshuffle kabinet usai Lebaran ini makin menguat. Namun, Moeldoko tetap menampik kabar itu.

"Wualah, ngarang itu. Enggak jelas itu," ujar Moeldoko usai mengikuti rapat paripurna bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin 6 Juli lalu. (Ado/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kabinet Kerja

Video Terkini