Sukses

Darurat Hujan Es di Negeri Tropis Paling Populer

Hujan es yang melanda 3 kampung di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua terancam membuat warga kelaparan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan es melanda 3 kampung di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua. Fenomena ini terjadi sejak 5 Juli lalu dan menyebabkan gagal panen dan matinya ternak warga. Ribuan warga juga terancam kelaparan. Kabar ini menjadi berita yang paling mendapat perhatian dari pembaca sepanjang Minggu kemarin.

Berita lainnya yang juga menarik perhatian pembaca adalah komentar pengacara OC Kaligis atas penangkapan dirinya oleh penyidik KPK. Demikian pula dengan 3 syarat yang ditentukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bagi warga pendatang usai Lebaran.

Top 5 News Selengkapnya:

1. Darurat Hujan Es di Negeri Tropis

Hujan es melanda 3 kampung di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua. Fenomena ini terjadi sejak 5 Juli lalu dan menyebabkan gagal panen dan matinya ternak warga. Tidak hanya itu, ribuan orang juga terancam kelaparan.

Fenomena ini memang bukan kejadian langka, namun merupakan siklus yang bisa terjadi 3 tahunan atau 5 tahunan, dan bahkan hingga 10 tahunan. Hujan salju terakhir kalinya di Lanny Jaya terjadi pada 1989.

Kendati, hujan es tahun ini dianggap tergolong panjang dan ekstrem. Selain dingin dan oksigen yang menipis, hujan salju juga turun sepanjang hari. Pada malam hari, suhu udara menyentuh angka 0, bahkan minus 2 derajat Celsius. Sementara pada siang hari 10-13 derajat Celsius.

Selengkapnya...

2. OC Kaligis: Saya Bukan Ditangkap, Tapi Diculik

Otto Cornelis atau OC Kaligis menilai, penangkapan dirinya oleh KPK merupakan bentuk penculikan. Hal ini diungkapkannya sesaat sebelum mengikuti ibadah di gedung KPK, Jakarta.

"Saya bukan ditangkap paksa, tetapi saya diculik tanpa surat panggilan. Langsung ditangkap di Hotel Borobudur pukul 14.00 WIB siang, ketika saya bersama anak saya, David Kaligis," kata OC Kaligis, Minggu (19/7/2015).

"Karena saya berani mengkritik KPK demi tegaknya keadilan, saya melihat bahwa saya adalah target," tambah dia. Dia mengatakan, tindakan KPK yang dilakukan padanya mencoreng profesi pengacara.

Selengkapnya...

3. 3 Syarat Ahok untuk Pendatang Baru Ibukota

Sejumlah kota besar menjadi tujuan urbanisasi setiap usai lebaran. Jakarta menjadi salah satu kota primadona yang masih diburu mereka yang ingin mencoba mengubah hidupnya.

Berdasarkan data Dinas Dukcapil, pendatang Jakarta pada 2014 lalu berkisar 68.500 orang. Tahun sebelumnya, pendatang ke Jakarta hanya berjumlah sekitar 51.500 orang.

Menghadapi gelombang urbanisasi itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku telah menerapkan 3 syarat. Persyaratan itu harus dipenuhi para pendatang baru bila kehidupannya ingin langgeng di kota metropolitan ini.

Selengkapnya...

4. Begal Beraksi di Lubang Buaya, 1 Orang Tewas

Aksi para begal kembali meneror warga Jakarta. Di tengah suasana libur Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah, kawanan begal beraksi di Cipayung, Jakarta Timur. Meski tidak berhasil merampas barang bawaan korbannya, tindakan 2 pemuda itu berakibat fatal.

Abdul Muis (42) dan Miswati (41) warga Gang Langgar RT 14 RW 09 Cipayung, Jakarta Timur sedang berboncengan menggunakan motor melewati di Jalan Raya Monumen Pancasila Sakti, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pukul 00.30 WIB, Minggu (19/7/2015). Tiba-tiba, dari arah belakang, 2 pelaku begal menarik tas Miswati dan hendak merampasnya.

"Pelakunya ada 2 orang menggunakan motor. Tapi sayang nomor polisinya tidak sempat dicatat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal melalui pesan singkatnya, Minggu (19/7/2015).

Selengkapnya...

5. Tak Ada Car Free Day, Model Cantik Beraksi di Bundaran HI

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor belum diberlakukan di Jakarta pada H+2 Lebaran ini. Meski begitu, tak sedikit orang yang memenuhi kawasan bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk berolahraga pagi.

Namun tak cuma ada aktivitas olahraga. Yang paling menyita perhatian adalah kegiatan sesi foto atau photoshoot di kawasan itu.

Sekitar 5 model cantik memasang gaya diikuti dengan jepretan foto. Ada yang duduk di atas motor besar dan ada pula yang bergaya dengan latar mobil melintas.

Selengkapnya...

(Ado/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.