Sukses

Gunung Gamalama dan Raung Meletus Paling Populer

Ada juga berita mancanegara terkait kisah para perempuan perkasa di balik misi menguak rahasia Pluto.

Liputan6.com, Jakarta - Erupsi Gunung Raung ternyata disusul meletusnya Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara, pada Kamis kemarin sekitar pukul 09.58 WIT. Tentu akibat letusan ini membawa dampak besar bagi warga sekitarnya.

Berita letusan Gunung Gamalama dan Raung menjadi terpopuler atau paling banyak disorot pembaca Liputan6.com selama Kamis kemarin. Selain berita terpopuler, juga banyak berita populer seperti kecelakaan di Semarang yang menewaskan 5 orang.

Ada juga berita mancanegara terkait kisah para perempuan perkasa di balik misi menguak rahasia Pluto. Simak berita selengkapnya dalam Top 5 News berikut;

1. Gunung Gamalama dan Raung Meletus

Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara, meletus freatik pada Kamis (16/7/2015) pukul 09.58 WIT. Tinggi kolom letusan 1.000-1.500 meter di atas puncak kawah. Akibat letusan itu, asap putih kelabu mengarah ke utara. Letusan freatik terjadi akibat bertemunya air dengan magma di dalam kawah sehingga melontarkan material abu dan pasir.

Berdasarkan data pengamatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, letusan yang ada tidak diikuti dengan peningkatan aktivitas vulkanik yang ekstrem. Status tetap Waspada atau Level II.

Selengkapnya...

2. Bus Tabrak 3 Mobil di Semarang, 5 Orang Tewas di Tempat

Lebaran tinggal dalam hitungan jam. Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Kabupaten Semarang, tepatnya di Dusun Deplogan, Desa Wates, Kecamatan Getasan. Peristiwa tersebut melibatkan 4 kendaraan dan menyebabkan 5 orang tewas di tempat.

Kecelakaan ini bermula saat bus Rhema Abadi benomor polisi AA 1541 CA melaju dari arah Magelang. Tanpa diketahui penyebabnya, ketika di lokasi, bus oleng tidak terkendali. Bus lalu menabrak Mitsubishi L300 bernomor polisi H 1924 HP di depannya. Mobil yang mengangkut sayur dan pedagang tersebut terpental dan masuk jurang sedalam 5 meter di sebelah kiri jalan.

Selengkapnya...

3. 15-7-1945: Percobaan Bom Atom Sukses Diledakkan

Hari ini, 1945, tepat pukul 05.29, Proyek Manhattan berakhir dengan suksesnya uji coba bom atom pertama di Alamogordo, New Mexico.

Rencana untuk penciptaan bom uranium oleh sekutu dimulai pada awal 1939, ketika fisikawan imigran Italia Enrico Fermi bertemu dengan pejabat Departemen Angkatan Laut AS di Universitas Columbia, untuk membahas penggunaan bahan atom untuk tujuan militer.

Pada tahun yang sama, Albert Einstein menulis surat kepada Presiden Franklin Roosevelt mendukung teori bahwa reaksi berantai nuklir tak terkendali memiliki potensi besar sebagai dasar untuk senjata pemusnah massal.

Selengkapnya...

4. Rekaman Penjahat Meksiko El Chapo Kabur dari Penjara Dirilis

Pihak berwenang Meksiko merilis rekaman CCTV detik-detik yang menunjukkan aktivitas singkat gembong narkoba terbesar negara itu, Joaquin "El Chapo" Guzman, sebelum kabur dari sel penjaranya.

Rekaman itu menunjukkan El Chapo berjalan mondar-mandir dalam selnya di penjara Altiplano pada Sabtu 11 Juli 2015 petang waktu setempat, sebelum menuju kamar mandi dan menghilang.

Sebuah lubang yang mengarah menuju terowongan bawah tanah ditemukan dari balik bilik tempat mandi pria yang dijuluki El Chapo atau 'Si Pendek'. Ujungnya berada di sebuah lokasi pembangunan di luar dinding penjara.

Selengkapnya...

5. Kisah Para Perempuan di Balik Misi Menguak Rahasia Pluto

Pendaratan bersejarah dan gambar-gambar menakjubkan yang dihasilkan New Horizons tidak lepas dari peran orang-orang di belakang layar. Namun tanpa disadari, misi kali ini adalah misi dengan perempuan terbanyak yang pernah dilakukan NASA sepanjang sejarahnya.

"Saya tidak menghitung apakah ini secara teknis angka terbanyak," kata Fran Bagenal, pakar astrofisika yang telah bekerja di berbagai misi NASA selama 4 dekade. "Karena saya telah bergabung di misi Voyager, Galileo tahun 70-an dan puluhan misi lainnya. Saya hanya bisa bilang banyak sekali perempuan," kata Bagenal kepada TheAtlantic.

Selengkapnya...

(Rmn/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini