Sukses

3 Maskapai Batalkan Puluhan Penerbangan Akibat Raung

Jumlah seluruh penerbangan dari dan ke Surabaya yang dibatalkan Garuda mencapai 18 penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia membatalkan 48 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya hari ini. Pembatalan ini untuk menghindari dampak buruk dari meningkatnya aktivitas Gunung Raung yang terus mengeluarkan abu vulkanik.

Pelaksana Harian Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, penerbangan Garuda dari dan ke Surabaya dibatalkan sejak pukul 13.00 WIB hingga penerbangan terakhir dibatalkan.
     
"Jumlah penerbangan dari Jakarta ke Surabaya yang dibatalkan hari ini mencapai 11 penerbangan dan jumlah penumpangnya 2.200 orang," ucap Ikhsan kepada antara, Kamis (16/7/2015).

Sedangkan jumlah seluruh penerbangan dari dan ke Surabaya yang dibatalkan mencapai 18 penerbangan. "Garuda mengimbau agar penumpang tidak ke bandara hari ini karena seluruh penerbangan ke Surabaya dibatalkan," tukas dia.

Ikhsan mengatakan, penumpang dapat melakukan "refund" atau pengembalian uang tiket dan "reeschedule" tanpa biaya. "Atau boleh cek reservasi di call center 2351 9999 atau update info terbaru lewat akun twitter @indonesiagaruda," imbuh dia. Sementara itu, ungkap Ikhsan, untuk penerbangan ke Malang sudah diberangkatkan dua pesawat.

Kementerian Perhubungan Bandara Internasional Juanda, Surabaya, dan Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, mengatakan, bandara ditutup karena meningkatnya aktivitas Gunung Raung yang berada di tiga kabupaten paling timur Provinsi Jawa Timur yaitu Bondowoso, Jember dan Banyuwangi.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik, Julius Andravida Barata, penutupan kedua bandara tersebut berdasarkan "Notam" (Notice to Airmen) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, yaitu Notam Nomor A1447/15 dan Notam Nomor C0552/15.

Barata merinci untuk Bandar Udara Internasional Juanda ditutup sementara pukul 06.20 UTC atau 13.20 WIB hingga pukul 12.20 UTC atau 19.20 WIB. Sedangkan Bandar Udara Abdulrachman Saleh ditutup sementara sejak pukul 07.30 UTC atau 14.30 WIB hingga pukul 13.30 UTC atau 20.30 WIB.

AirAsia Indonesia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AirAsia Batalkan Penerbangan Dalam dan Luar Negeri

AirAsia Batalkan Penerbangan Dalam dan Luar Negeri

Tidak hanya garuda, maskapai penerbangan berbiaya hemat, AirAsia Indonesia juga membatalkan sejumlah penerbangan dari dan menuju Surabaya pada hari ini. Penyebabnya sama, karena meningkatnya aktivitas Gunung Raung.

"Kondisi itu mengakibatkan penutupan sementara Bandara Internasional Juanda dari pukul 13.20 WIB (GMT+7) sampai 19.20 WIB (GMT+7)," kata Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia, Audrey Progastama Petriny di Surabaya.

Dia mengungkapkan, beberapa penerbangan yang dibatalkan tersebut meliputi rute penerbangan domestik maupun internasional. Untuk domestik, rute Surabaya-Jakarta (PP) ada 4 penerbangan.

"Penerbangan itu dilakukan dengan empat armada kami yakni QZ 7689, QZ 7688, QZ 7683, dan QZ 7682," ujar Audrey. Sementara di rute penerbangan internasional di antaranya rute Surabaya - Kuala Lumpur (PP). Di jalur itu AirAsia Indonesia mempunyai 8 penerbangan yang dibatalkan.

"Seperti dengan pesawat bernomor lambung QZ 323, QZ 8297, QZ 8298, QZ 325, QZ 326, QZ 327, AK 362, dan AK 363," kata dia.

Rute penerbangan internasional lain yang ikut terimbas peningkatan aktivitas Gunung Raung yakni jalur Surabaya - Penang (PP). Di rute tersebut ada dua pesawat yang batal dioperasikan yaitu QZ 386 dan QZ 387.

Audrey mengatakan, pihaknya memberikan opsi kepada penumpang yakni mengubah jadwal penerbangan di rute yang sama paling lambat 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan

Opsi lain, penumpang bisa menggunakan Credit Shell yaitu deposit di AirAsia senilai harga tiket. Deposit tersebut dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku tiga bulan (90 hari).

"Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi kami di call center (khusus Indonesia) di nomor 021 2927 0999 atau 0804 1 333333. Bisa juga melalui Ask AirAsia www.airasia.com/ask," papar Audrey.

Citilink

3 dari 3 halaman

Citilink Batalkan 28 Penerbangan

Citilink Batalkan 28 Penerbangan

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia juga mengumumkan membatalkan 28 penerbangan menyusul dikeluarkannya pemberitahuan notam dari otoritas Bandara Juanda mengenai sebaran abu vulkanik Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur.

Sebaran abunya makin meluas dan tebal sehingga membahayakan keselamatan penerbangan dari dan menuju Surabaya.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Albert Burhan, mengatakan, rute-rute penerbangan yang dibatalkan yaitu Jakarta (Cengkareng dan Halim) - Surabaya (pp), Surabaya-Balikpapan (pp), Surabaya-Makassar (pp), Surabaya-Banjarmasin (pp), dan Surabaya-Denpasar (pp), dengan total penumpang mencapai 4.600 penumpang.

Tapi, kata Albert, tidak tertutup kemungkinan seluruh penerbangan Citilink bisa dibuka kembali atau normal pada Kamis malam ini,  sehubungan dengan batasan waktu dari notam terakhir pada pukul 20.30 WIB.

"Kami berharap penerbangan besok sudah bisa berjalan normal sehingga penumpang dapat tetap merayakan Hari Lebaran bersama keluarga di kampung halaman masing-masing," kata Albert. (Ant/Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.