Sukses

Pangkostrad Siap Gantikan Gatot Sebagai KSAD?

Sinyal kuat pengganti Gatot di kursi jabatan KSAD adalah Letnan Jenderal Mulyono yang saat ini menjabat sebagai Pangkostrad.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru, menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang naik menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, siang ini.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Biro Pers Istana Kepresidenan, Rabu (15/7/2015), acara pelantikan KSAD dilakukan pukul 13.00 WIB. Acara pelantikan rencananya dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK, para menteri di Kabinet Kerja, para kepala lembaga negara dan para Perwira tinggi TNI maupun Polri.

Belum terungkap siapa yang akan memegang tongkat komando tertinggi di Angkatan Darat. Belum ada keterangan resmi mengenai tokoh yang akan dilantik sebagai KSAD siang nanti.

Namun,‎ sinyal kuat pengganti Gatot di kursi jabatan KSAD adalah Letnan Jenderal Mulyono yang saat ini menjabat sebagai Pangkostrad.

Sinyal tersebut terlihat dalam acara buka puasa bersama 6.000 prajurit dan anak yatim di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 14 Juli 2015.‎ Letjen Mulyono duduk berjajar dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna.‎

Saat ditanya mengenai kesiapannya bila ditunjuk menjadi KSAD, Mulyono enggan berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan, sebagai anggota TNI harus siap bila ditugaskan di posisi mana pun.

"‎Saya ini prajurit. Namanya prajurit TNI harus selalu siap," ucap Mulyono.

Hingga Selasa kemarin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga belum menjawab mengenai sosok penggantinya yang akan menduduki jabatan KSAD. Dia hanya memastikan, pelantikan akan digelar hari ini.

"Besok (hari ini) akan ada pelantikan KSAD," ujar Gatot saat memberi sambutan pada acara buka puasa bersama 3 ribu anak yatim dan 3 ribu prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Namun, Gatot mengaku belum menentukan siapa penggantinya.

Sejak dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada 8 Juli 2015 lalu, Jenderal Gatot masih merangkap sebagai KSAD.

Terima Veteran

Setelah melantik KSAD, pukul 14.30 WIB, Presiden Jokowi dijadwalkan menerima Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Istana Merdeka.

Para pengurus LVRI yang akan menemui Presiden di antaranya Letjen TNI (Purn) Rais Abin, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LVRI Mayjen TNI (Purn) Sukotjo Tjokroatmodjo, Wakil Ketua Umum I LVRI Letjen TNI (Purn) Ari Sudewo, Wakil Ketua Umum II LVRI Marsda TNI (Purn) FX Suyitno, Sekretaris Jenderal LVRI Marsda TNI (Purn) IGN Danendra, dan Ketua Yayasan LVRI.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan pelepasan kontingen Special Olympics Indonesia (SOlna) di Istana Negara. Setelah itu, Presiden dan Ibu Negara akan bertolak menuju Bandara Halim Perdana Kusuma untuk melakukan kunjungan ke Aceh dan Solo, Jawa Tengah. Presiden akan berlebaran di 2 tempat itu. (Bob/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini