Sukses

Mendikbud Akan Berlakukan Kembali Upacara Bendera Tiap Senin

Mendikbud Anies Baswedan akan kembali merutinkan pelaksanaan upacara bendara di sekolah menargetkan bisa terealisasi pada 2015-2016.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, akan kembali merutinkan pelaksanaan upacara bendara di sekolah. Ia menargetkan rencananya itu bisa terealisasi pada tahun ajaran 2015-2016.

"Mulai tahun ajaran, besok setiap Senin ada upacara bendera (di sekolah)," ujar Anies di kantor Kemendikbud, Jumat (10/7/2015).

Pengintensifan upacara bendara setiap pekan, jelas Anies, bertujuan untuk memupuk rasa cinta Indonesia sejak dini. Selain upacara, kata Anies, dia juga akan menginstruksikan setiap hari di sekolah menyanyikan Indonesia Raya dan membaca doa. Kedua kegiatan itu dilakukan sebelum pelajaran dimulai.

"Jadi mereka punya kebiasaan lagi menyanyikan Indonesia Raya setiap hari di semua sekolah, lalu di akhir ditutup dengan menyanyikan lagu daerah atau wajib atau bernuansa patriotik lalu diakhiri doa," tambah dia.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menekankan, sudah sepatutnya kegiatan-kegiatan itu dilakukan di sekolah. Sebab, hal tersebut merupakan budaya nasionalisme Indonesia. "Ini bagian penting dari pembiasaan fasenya begini diajarkan, dibiasakan, didisiplinkan, sehingga bisa menjadi kebiasaan lalu menjadi kebudayaan itu urutannya," tutup Anies. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.