Sukses

Wagub Djarot Harap Ada 'Transjakarta Air' di Kepulauan Seribu

Djarot ingin membuat sistem transportasi air antarpulau yang lebih tertata dan menggunakan teknologi terkini layaknya Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah transportasi di Kepulauan Seribu dianggap Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidajat sebagai salah satu hal yang sangat penting untuk dibenahi. Karena itu, ia memiliki ide membuat sistem transportasi air antarpulau di kabupaten tersebut lebih tertata dan menggunakan teknologi terkini, layaknya Transjakarta.

"Transportasi itu pokok di sini. Khususnya transportasi laut, dermaga yang baik. Kalau bisa, kapal-kapalnya bisa kayak Transjakarta ya," kata Djarot dalam kunjungannya di Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (10/7/2015).

Ia berencana menerapkan sistem manajemen Transjakarta terhadap transportasi kapal-kapal di Kepulauan Seribu. Nantinya kapal untuk transportasi antarpulau itu menggunakan sistem rupiah per mil. Bahkan dapat diintegrasikan dengan Transjakarta yang ada di Jakarta.

"Sistemnya kita jadikan nanti semacam Transjakarta. Untuk kapalnya hitungannya rupiah per mil. Bayarnya pakai e-money. Jadi sistemnya bisa sinkronisasi dengan Transjakarta (darat). Sehingga dengan sarana itu, warga sini bisa merasakan sistem Transjakarta," tutur Djarot.

Sebelum itu, menurut mantan Walikota Blitar ini, perlu dilakukan penambahan armada kapal-kapal penumpang yang memadai. Juga perbaikan serta pembenahan terhadap dermaga di setiap pulau.

"Memang itu harus masuk program menyeluruh, termasuk juga kapal-kapal cepatnya. Sebenarnya di sini bukan hanya transportasi kapalnya saja lho, tapi juga dermaganya. Sehingga tidak semrawut, ada naik turun penumpang," ucap Djarot. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini