Sukses

Serangan Drone Tewaskan Komandan Senior ISIS

Setidaknya ada dua anggota senior ISIS, selain Shahid yang terbunuh dalam serangan drone yang sama.

Liputan6.com, Kabul - Salah satu komandan senior ISIS tewas dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) di timur Afghanistan awal minggu lalu. Intelijen Afghanistan melaporkan, pada hari Kamis malam (9/07/2015) bahwa Shahidullah Shahid adalah eks militan Taliban asal Pakistan yang membelot ke ISIS, seperti dikutip BBC.

Menurut koresponden BBC di Kabul, Shahid adalah mantan juru bicara Taliban. Ia merupakan orang penting dalam kelompok itu dan sering muncul di video bulan Januari lalu yang direkam di Pakistan. Dalam video itu, Shahid berkomitmen untuk membentuk negara Islam menurut versinya.

Laporan intelijen mengatakan ia terbunuh oleh pesawat tanpa awak yang sama dengan komandan ISIS lainnya. Koresponden BBC mengatakan bahwa setidaknya ada dua anggota senior selain Shahid yang terbunuh dalam serangan drone yang sama. Ini berarti tidak ada satu pun militer internasional yang terlibat kontak langsung di lapangan.

Kepala polisi provinsi Nangarhar memastikan bahwa Shahid memang terbunuh. Sayangnya, belum ada konfirmasi dari NATO -- satu-satunya institusi resmi yang boleh meluncurkan serangan dengan pesawat tanpa awak di area ini.



Peta Nangarhar Afghanistan. (BBC)

 

Nangarhar dalam minggu-minggu terakhir meningkatkan keamanan untuk melawan ISIS dan Taliban yang memaksa ribuan orang angkat kaki dari rumah mereka. Provinsi ini berbatasan dengan Pakistan yang areanya dikuasai ISIS yang paling aktif di wilayah Afganistan.

"Shahid ingin memperluas operasi ISIS ke wilayah ini. Namun, kematiannya akan mempengaruhi aktifitas mereka," kata Direktur Keamanan Nasional Afhanistan, Hasib Sediqi. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini