Sukses

Jenderal AS: Rusia Ancaman Terbesar

Jenderal Joseph Dunford menilai, aksi-aksi Rusia belakangan ini boleh dikatakan dalam tahap mengkhawatirkan.

Liputan6.com, Washington DC - Rusia dianggap sebagai ancaman terbesar bagi keamanan nasional. Pernyataan ini dilontarkan Jenderal Joseph F Dunford Jr yang akan menduduki posisi militer tertinggi Amerika Serikat.

Pada upacara kepastian dirinya menjadi pimpinan Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Dunford mengatakan aksi-aksi Rusia belakangan ini boleh dikatakan dalam tahap mengkhawatirkan.

Apalagi, hubungan AS dan Rusia memburuk sejak negara tersebut menguasai wilayah Krimea Ukraina tahun lalu. Pemberontakan untuk mendukung Rusia di Ukraina timur juga memicu penerapan sanksi Amerika.

"Jadi, jika Anda ingin membicarakan sebuah negara yang merupakan ancaman nyata terhadap Amerika Serikat, saya harus menunjuk kepada Rusia," ucap Dunford yang sebelumnya menjabat Komandan Korps Marinir AS kepada para senator, seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/7/2015).  

Beberapa anggota badan legislatif AS pun mendesak pihak militer memberikan senjata mematikan kepada pemerintah Ukraina, sebuah tindakan yang dipandang Dunford sesuatu yang masuk akal.

"Terus terang, tanpa dukungan seperti itu, mereka tidak akan mampu membela diri melawan agresi Rusia," tukas Jenderal Dunford.

Sejauh ini, militer Amerika Serikat hanya memasok senjata tidak mematikan dan pelatihan bagi pasukan Ukraina.

Sementara, lebih dari 6.000 orang tewas dalam perang di Ukraina, yang berkecamuk pada Maret 2014 antara pasukan pemerintah dan pemberontak pendukung Rusia di wilayah Donetsk timur dan Luhansk. (Ans/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.