Sukses

Poles Citra Kepolisian, Ukraina Rekrut Polisi Cantik dan Ganteng

Citra kepolisian Ukraina memang tak seberapa baik: korup juga tak jarang melakukan kekerasan. Upaya memulihkan nama baik sedang dilakukan.

Liputan6.com, Kiev - Ukraina sedang mencoba mereformasi instutusi kepolisiannya. Salah satu caranya adalah dengan merekrut polisi-polisi baru berusia muda dan fotogenik.

Citra kepolisian Ukraina memang tak seberapa baik: korup juga tak jarang melakukan kekerasan, termasuk dalam peristiwa dramatis di Alun-alun Maidan, di mana 100 orang tewas, sebelum akhirnya Presiden Viktor Yanukovych terguling dari tampuk kekuasaan.

Tak hanya merekrut polisi-polisi muda, Pemerintah di Kiev juga mengganti nama korps polisi dan seragamnya, mendatangkan pelatih dari Amerika Serikat dan Kanada, memecat anggota yang sudah berumur, dan merekrut 2.000 personel baru -- seperempatnya adalah perempuan.

Mereka yang baru memulai tugasnya di jalanan Ibukota Ukraina sepanjang akhir pekan. Sejak itu, mereka tenar di media sosial, gara-gara sejumlah orang mengunggah foto mereka bersama polisi-polisi muda.

Polisi baru Kiev, Ukraina (BBC/Twitter)

Sejumlah foto selfie bersama polisi cantik dan ganteng diunggah ke laman Facebook, seperti yang dikelola situs berita Bash Kiev atau 'Our Kiev'. Dan, tagar #KyivPolice juga telah digunakan sebanyak 3.500 kali di Twitter dalam beberapa pekan belakangan.

"Waktu yang akan membuktikan apakah reformasi kepolisian akan membuahkan hasil. Namun, fakta bahwa ada orang yang secara tulus meyakini tugas untuk 'melayani dan melindungi', membuatku senang," kata pengguna Facebook, Kira Kirilenko, seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/7/2015).

Aktor terkenal Ukraina, Antin Mukharskiy, tak ketinggalan. Ia berbagi cerita tentang apa yang ia sebut sebagai 'polisi tradisional' -- bergaya lama-- yang berteriak dan melontarkan sumpah serapah di bawah jendelanya.

"Patroli datang 3 menit kemudian. Polisi tradisonal itu lantas kabur... Ketika istriku berterimakasih ke para polisi baru itu dari balkon, mereka menjawab, 'kami akan selalu menjaga Anda'," kata dia.

Sebuah kafe populer di Kiev bahkan menawarkan minuman panas untuk para polisi yang simpatik itu. Tawaran tersebut diposting di Facebook dan telah dibubuhi tanda 'Like' 5 ribu kali.

Polisi baru Kiev, Ukraina (BBC/Twitter)



Namun, meski citra polisi dipoles sedemikian rupa, banyak yang skeptis, apakah reformasi tersebut bakal mengenyahkan korupsi. Salah satu polling mengindikasikan, 4 dari 5 warga Ukraina yakin, pemberantasan tindakan mengemplang uang rakyat itu tak bekerja.

"Pemandangan indah untuk mata. Semua pengemudi melihat dan melambaikan tangan pada  #kyivpolice, sampai-sampai kami tak sadar lampu lalu lintas berganti hijau," tulis jurnalis Oksana Denysova, yang juga memposting 2 kendaraan polisi.

Namun, sang wartawan menambahkan peringatan untuk para polisi. "Jangan membuat kami kecewa, ya Sayang." (Ein/Ado)

Baca juga: Elesta, Pilot Cantik 'Penakluk Langit' Indonesia Timur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.