Sukses

Nasihat DPR untuk Kepala BIN Sutiyoso

Letnan Jenderal Purn TNI Sutiyoso telah resmi dilantik menjadi Kepala BIN oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Letnan Jenderal Purn TNI Sutiyoso telah resmi dilantik menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) oleh Presiden Jokowi pada Rabu 8 Juli 2015 kemarin. Sejumlah harapan pun disampaikan kepada Kepala BIN baru itu.

Salah satunya berasal dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli mengatakan, pekerjaan rumah terbesar yang harus diselesaikan oleh Sutiyoso adalah menjawab tantangan cyber war yang akan segera dihadapi Indonesia di masa mendatang.

Fadli mengingatkan, bukan lagi yang bersifat konvensional, tantangan yang dihadapi negara ke depan adalah kejahatan berbasis kecanggihan teknologi.

"Tantangan dan kemajuan IT ke depan ini dunia intelijen kita harus direformasi juga. Jangan hanya melakukan pola tradisional. Cyber unit harus diprioritaskan," kata Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Rabu 8 Juli 2015.

"Karena kejahatan ke depan pasti akan melalui cyber crime, melalui tekonologi. Ini harus diperhatikan Sutiyoso," sambung dia.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menyinggung perlunya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI. Terutama pengadaan pesawat-pesawat baru berteknologi canggih dan paling mutakhir.

"Panglima TNI dan TNI secara umum menjadi perhatian khusus. Tekonologi yang mutakhir ya. Kami sangat mendukung pengadaan pesawat paling canggih. Kalau ini bisa diadakan ini sangat bagus," tandas Fadli. (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Kepala BIN

Video Terkini