Sukses

Jadi Kepala BIN, Ini Langkah Pertama Sutiyoso

Letjen (Purn) Sutiyoso resmi dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Letjen (Purn) Sutiyoso resmi dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. Sederet langkah sudah disiapkan pria yang karib disapa Bang Yos itu.

Apa saja langkah Bang Yos?

Yang pertama yang bakal dilakukan Sutiyoso, yakni berkenalan dengan para petinggi BIN. "‎Pastinya dalam waktu dekat saya akan melihat BIN seperti apa, baik itu struktur organisasinya, baik itu sumber daya manusianya, maupun perlengkapan yang dimiliki," ujar Bang Yos usai mengikuti upacara pelantikan di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Dalam kesempatan itu, Sutiyoso memberikan apresiasi kepada Kepala BIN sebelumnya, yakni Letjen (Purn) Marciano Norman. Menurut dia, Marciano telah memimpin BIN dengan cukup baik.

Bang Yos mengatakan akan melanjutkan program-program Marciano yang selama ini membawa perubahan yang lebih baik untuk BIN.

"‎Apa yang telah dirintis oleh Pak Marciano akan saya lanjutkan. Pastinya sasaran kita ke depan akan membangun intelijen yang tangguh dan profesional. Jadi ke depan banyak sekali pekerjaan yang menghadang kita,"‎ tutur Bang Yos.‎
‎
Bang Yos menyatakan akan menjadikan BIN lebih terbuka dengan memberikan akses kepada masyarakat yang ingin melaporkan informasi penting. Keterbukaan tersebut dirasa penting karena BIN membutuhkan banyak informasi apapun yang terkait dengan kepentingan bangsa dan negara.

"‎Pekerjaan intelijen itu memerlukan banyak informasi dari berbagai sumber, karena itu nanti ke depan BIN akan lebih terbuka. Artinya, akan memberikan peluang kepada masyarakat untuk memberikan informasi apa saja, berpartisipasi yang ada kaitannya dengan keamanan negara," ‎ucap dia.

Bang Yos juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang selama ini mendukungnya, terutama keluarga dan para kerabat. Ia pun bersyukur, walau pencalonannya sempat menimbulkan pro dan kontra, namun dirinya tetap dapat dilantik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. ‎
‎
"Juga dalam kesempatan ini ingin terima kasih kepada semua pihak yang telah membuat perjalanan saya lancar sejak pertama diusulkan, sempat pro dan kontra. Saya anggap itu hal yang dalam alam demokrasi seperti itu, dan nyatanya hari ini kita melakukan sumpah jabatan," pungkas Bang Yos. ‎ (Ndy/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.