Sukses

Gerbong Kereta Api Anjlok di Serang Sudah Dipindahkan

Kereta api yang melintas dibatasi kecepatannya, lantaran bantalan kereta api yang rusak masih dalam tahap perbaikan.

Liputan6.com, Serang - Kereta api pengangkut pipa industri dengan tujuan Kota Cilegon-Kota Semarang yang anjlok di KM 114 tepatnya di Desa Lopang Gede, Kota Serang, Banten, berhasil dipindahkan. Kereta tersebut anjlok sekitar pukul 05.30 pagi tadi.

"Tadi sekitar jam 12.00 WIB jalur sudah steril. Setengah 15 gerbong kita evakuasi ke Stasiun Karangantu, sedangkan gerbong yang anjlok dievakuasi ke Stasiun Serang," kata Kepala Stasiun Serang, Ahmad, Rabu (8/7/2015).

Pemindahan gerbong kereta dengan nomor mesin KA 2537 dilakukan secara manual menggunakan dongkrak sehingga memakan wakti cukup lama, sekitar 7 jam.

Setelah berhasil dipindah, kini jalur kereta api Merak-Jakarta sudah bisa dilintasi kereta dan kendaraan darat lainnya. Karena gerbong kereta yang menghalangi jalan raya jalur perlintasan kereta api sudah steril.

Namun kereta api yang melintas dibatasi kecepatannya, lantaran bantalan kereta api yang rusak masih dalam tahap perbaikan.

"Kereta diperbolehkan melintas 5 kilometer per jam. Tadi sudah ada kereta patas merak KA 340 melintas," kata dia.

Ahmad belum bisa memastikan kepastian penyebab anjloknya kereta api pengangkut pipa industri tersebut. Dia beralasan, penyebab kecelakaan tersebut masih dalam penyelidikan tim investigasi PT KAI Daops Serang.

"Kita tidak bisa menduga duga, yang terpenting penumpang bisa diangkut sesuai tujuannya, itu kewenangan tim investigasi," tegas Ahmad. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini