Sukses

Mensos: Dana Bansos Tersebar di 12 Kementerian

Mensos Khofifah menyebut kementerian yang dipimpinnya tidak punya program dana pemberian UMKM, tetapi ada dana bantuan sosial (bansos).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, memberikan penjelasan mengenai apakah Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki dana untuk Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM). Dia menyebut kementerian yang dipimpinnya tidak punya program dana pemberian UMKM, tetapi ada dana bantuan sosial (bansos).

"Kalau di Kementerian Sosial enggak ada dana UMKM, tapi ada bansos untuk pemberdayaan sosial," ucap Mensos Khofifah di Gedung SMESCO Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.

"Setiap bansos tidak hanya untuk charity tapi ada untuk productivity. Jadi bansos yang ada di Kemensos untuk usaha ekonomi produktif itu untuk kelompok usaha bersama, jadi bansosnya untuk productivity," tambah dia.

Sementara untuk bansos charity, lanjut Khofifah, digunakan untuk penggunaan sektor rehabilitasi. Seperti untuk lansia terlantar dan orang dengan kecacatan berat (ODKB).

Selain itu, Khofifah juga angkat bicara soal dana bantuan sosial dari APBN yang mencapai Rp 124 triliun. Dia menyebut dana itu akan tersebar di beberapa kementerian.

"Yang tertinggi bukan di Kementerian Sosial bansos itu, karena ada KIP, KIS. Di dalam nomenkelatur Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kategorinya bansos," papar dia.

"Menteri Pertanian ada sekitar Rp 13 triliun (dana bansos), Menteri PU ada, Menteri Perumahan Rakyat ada. Total Rp 124 triliun dari 12 Kementerian. Lembaga Kementerian sosial sendiri bansosnya Rp 17 triliun dari Rp124 triliun itu," pungkas Khofifah. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • mensos

Video Terkini