Sukses

KSAL: Anggaran Ada, Skuadron Pemburu Kapal Selam Dihidupkan Lagi

Tahap pertama, TNI telah mengadakan 11 helikopter anti-kapal selam.

Liputan6.com, Jakarta - Pada era 60-an, TNI AL berjaya. Pada masa itu Angkatan Laut memiliki helikopter pemburu kapal selam seperti MI-4 buatan Mil OKB, Uni Soviet (sekarang Rusia) dan Westland Wasp HAS MK1 buatan Inggris. 2 Helikopter ini ditempatkan di Skuadron 100 Anti-Kapal Selam.

Sayangnya, pada 1980-an Skuadron yang disegani lawan ini harus dinonaktifkan, karena tidak memiliki biaya dan tak terawat. Sejak 2014, keinginan menghidupkan kembali diungkap TNI AL dengan mengandalkan Helikopter AS-565 MBe Panther.

"Untuk anti-kapal selam, salah satunya didukung dari helikopter ini. Selama ini kita pernah punya, kemudian pengadaan berhenti karena tidak ada biaya," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi saat berkunjung ke Kantor Redaksi Liputan6.com, SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

"Sekarang pemerintah sudah memberikan dukungan biaya ini. Untuk tahap awal ini 11, lalu kita akan hidupkan lagi Skuadron AKS (Anti-Kapal Selam) ini," sambung dia.

Helikopter pemburu kapal selam ini, kata Ade, diproduksi secara bertahap oleh Airbus Helikopter, Perancis bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia. Armada helikopter anti-kapal selam ini akan diperkuat mengisi arsenal kapal perang yang dimiliki TNI AL.

"Untuk 11 ini nanti kita akan menjadikan pesawat organik di kapal kelas Frigate. Karena kapal ini harus utuh, untuk kemampuan kapal selam, anti-kapal permukaan," jelas jenderal bintang empat ini.

Rencana menghidupkan kembali Skuadron Anti-Kapal Selam ini, bertujuan mengantisipasi pelanggaran kapal selam negara lain menyusupi wilayah RI. Selama ini, untuk mengantisipasi dan patroli bawah laut masih menggunakan kapal perang dan 2 kapal selam TNI AL.

Sesuai rencana, 11 helikopter ini akan dikirim bergelombang selama 3 tahun. Sejumlah peralatan canggih, akan dipasang di helikopter Panther ini, seperti dipping sonar helras. Sedangkan untuk menghancurkan kapal selam akan dipasang sistem peluncur torpedo yang bisa menghantarkan Torpedo Whitehead A244/S atau Raytheon MK46. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini