Sukses

TNI Siapkan Tenda Pengungsian Korban Erupsi Gunung Raung

Kodam V/Brawijaya memerintahkan seluruh prajurit di wilayah terdampak erupsi Gunung Raung di Jawa Timur untuk selalu siap siaga.

Liputan6.com, Jakarta - Kodam V/Brawijaya memerintahkan seluruh prajurit di wilayah terdampak erupsi Gunung Raung di Jawa Timur untuk selalu siap siaga, jikalau warga harus diungsikan. Bahkan, TNI telah mendirikan tenda darurat bencana di Komando Rayon Militer (Koramil) di wilayah terdampak.

"Kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. Itu semua terkait langkah antisipasi atas aktivitas vulkanik di Gunung Raung," kata Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjend TNI Eko Wiratmoko di Malang, Jawa Timur, Senin 6 Juni 2015.

Menurut dia, seluruh personel TNI yang ada di Kodim 0821 Lumajang, Kodim 0822 Bondowoso, Kodim 0824 Jember, serta Kodim 0825 Banyuwangi selalu siaga. Bahkan, jika personel yang ada itu dirasa masih kurang, masih ada Batalyon Infanteri 527 Lumajang siap diterjunkan.

"Prinsipnya, seluruh prajurit TNI siap siaga untuk diterjunkan, terutama jika aktivitas vulkanik di Gunung Raung semakin tinggi," ujar Eko.

Para prajurit TNI, kata dia, tidak hanya membantu proses evakuasi warga saja. Tetapi juga turut membantu di tenda pengungsian jika warga terpaksa harus diungsikan.

"Tenda darurat bencana juga sudah didirikan di Koramil yang ada di area terdampak," tutur Eko.

Ia pun berharap aktivitas vulkanik Gunung Raung bisa turun. Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

"Informasi yang saya dapat katanya aktivitas vulkanik di Gunung Raung cenderung menurun. Semoga bisa cepat berhenti," pungkas Eko. (Ndy/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.