Sukses

Hadapi Erupsi Gunung Raung, BNPB Gelar Rakor Hari Ini

Rakor itu‎ dilakukan bersama stakeholder terkait, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah, kementerian, dan lembaga terkait.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, akan menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait erupsi Gunung Raung. Rakor itu‎ dilakukan bersama stakeholder terkait, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah, kementerian, dan lembaga terkait.

"Besok pagi (hari ini), pada Selasa akan ada Rakor dalam rangka menyusun rencana kontigensi menghadapi erupsi Gunung Raung, yang dipimpin langsung Kepala BNPB, Syamsul Maarif," ujar Kepala Pusat Informasi Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin 6 Juli 2015.

Sutopo mengatakan, saat ini kepala BNPB bersama ‎stakeholder tengah dalam perjalanan menuju Situbondo, Jawa Timur, untuk menyempurnakan rencana kontigensi.

"Yang nantinya rencana kontigensi tadi juga akan disosialisasikan ke masyarakat dan digladikan kepada masyarakat," kata Sutopo.

Sampai saat ini, kata Sutopo, status gunung bertinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu masih berstatus level 3 atau siaga. Belum ada kenaikan dari sebelumnya.‎

"Belum ada kenaikan sampai dengan awas. Tapi monitoring masih terus dilakukan," ujar Sutopo.

Meski demikian, Sutopo tidak bisa memastikan kapan aktivitas erupsi Gunung Raung ini berhenti. Sebab tahun 2012 gunung yang terletak di 4 kabupaten itu pernah naik statusnya dari level 4 ke level 3.

"Pada dua tahun lalu terjadi kenaikan dan status siaga atau level 3 yang berlangsung selama beberapa bulan. Tentu hal ini akan selalu dievaluasi oleh BMKG dan Badan Geologi bagaimana kondisi secara visual, kondisi sesmisitasnya, kondisi kualitas udara dan sebagainya yang nanti akan ditentukan apakah akan terjadi penurunan atau peningkatan dari status Gunung Raung," tukas Sutopo. (Ali/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.