Sukses

Bareskrim Periksa Tersangka Kondensat di Singapura Pekan Ini

Kepastian itu diperolehnya usai berkoordinasi dengan kepolisian Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri tengah bergerak cepat mengusut kasus dugaan korupsi kondensat. Kabareskrim Polri, Komjen Budi Waseso, memastikan akan memeriksa tersangka kasus korupsi kondensat yang juga mantan bos TPPI, Honggo Wendratno, pada pekan ini di Singapura.

Kepastian itu diperolehnya usai berkoordinasi dengan kepolisian Singapura.

"Tadi pagi jam 06.30 WIB berkoordinasi dengan kepolisian Singapura. Ya rencana dalam minggu ini kita akan ke sana untuk lakukan pemeriksaan," kata pria yang akrab disapa Buwas di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Menurut dia, Honggo seharusnya diperiksa di Indonesia. Namun, untuk kepentingan pengungkapan kasus, polisi ingin segera memeriksanya.‎ Terlebih, saat ini, pihak berwenang Singapura telah memberikan jalan.

"Sahnya kita harus memeriksa di negara kita. Kalau yang bersangkutan di sana harus diperiksa di kedutaan dan kepolisian Singapura berupaya untuk kita bisa melakukan itu," ujar Buwas.

Saat ini, sambung dia, penyidik juga tengah meminta penelusuran aliran dana ke PPATK. "Kita akan mintakan dan ke OJK juga. Dan LHKPN semua sudah dianalisis," ujar Buwas.

Sebelumnya, dia menuturkan pemeriksaan Honggo di Singapura menjadi perhatian khususnya. Sebab, dia tidak ingin anak buahnya main mata dengan Honggo saat pemeriksaan di Singapura nanti.

"Jangan nanti anggota saya main bekerja sama dengan HW (Honggo), saya tidak mau. Saya ingin bekerja sebaik mungkin," kata Budi di Mabes Polri, Senin 29 Juni 2015.

Bareskrim sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Singapura. KBRI kemudian melakukan negosiasi dengan pemerintah Singapura. Sebab, di Singapura ada aturan khusus. "Setiap warga negara di sana itu ada aturan khusus, sehingga perlu dikomunikasikan dengan pengacaranya juga," jelas Buwas. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini