Sukses

Marinir TNI AL Gelar Lomba Menulis dan Foto

Lomba yang memiliki tema 'selamatkan Kehidupan Pesisir untuk Masa Depan Kita,' ini digelar hingga 5 Agustus 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Marinir TNI AL menggelar lomba menulis, foto, dan cipta karya lagu. Ajang ini digelar dalam rangka Save Our Littoral Life.

Lomba yang memiliki tema 'selamatkan Kehidupan Pesisir untuk Masa Depan Kita,' ini digelar hingga 5 Agustus 2015.

"Lomba ini terbuka untuk umum. Peserta memiliki kartu identitas diri yang jelas, dan memiliki kontak person yang dapat dihubungi," kata Kabid Lomba Kolonel Marinir Amir Faisol dalam keterangan tertulis, Minggu (5/7/2015).

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankomar) ini menambahkan masing-masing lomba memiliki sejumlah ketentuan. Di antaranya untuk peserta lomba menulis ialah hasil tulisan merupakan naskah asli bukan jiplakan. Panjang tulisan 3-6 halaman dengan spasi 1,5.

"Selain itu, cantumkan juga bukti cerita berupa foto lokasi, tokoh, dan video. Tak kalah penting, cerita tidak boleh mengandung SARA dan pornografi," ujar Amir.

Pengiriman naskah lomba dapat disampaikan melalui e-mail lombamenulismarinir@gmail.com --subjek e-mail judul_nama lengkap--. Naskah dicantumkan di lampiran, tidak ditulis dalam badan e-mail.

"Peserta hanya boleh kirim 1 naskah terbaiknya," ucap Amir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lomba Foto

Lomba Foto

Sementara untuk ketentuan lomba foto ialah hasil karya merupakan perorangan dan belum pernah menang dalam ajang lomba. Selain itu, hasil foto bukan rekayasa.

"Setiap peserta bisa mengikutsertakan maksimal 5 karya foto," ujar Amir.

Untuk data, peserta dapat mencantumkannya di balik foto yang terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, judul foto, lokasi dan tanggal pengambilan foto. Hasil karya diambil di wilayah perairan Indonesia dalam kurun waktu 2013-2015.

"Olah foto diizinkan sebatas perbaikan kualitas. Foto yang dikirimkan jadi hak panitia," ujar dia.

Amir menyatakan karya foto harus diserahkan dalam bentuk tercetak berukuran 10R berwarna disertai file jpg ukuran sisi panjang minimal 3.500 pixel. Hasil karya dapat dikirimkan ke e-mail terumbukarangmarinir@gmail.com.

"Foto dan CD dikirimkan ke alamat Sekretariat Foto Dispen Kormar, Jalan Prapatan 40 Jakarta Pusat," ujar Amir.

3 dari 3 halaman

Cipta Karya Lagu

Cipta Karya Lagu

Untuk ketentuan lomba cipta karya lagu, kata Amir, di antaranya lagu yang diciptakan bertemakan kebaharian. Yaitu tentang keselamatan kehidupan pesisir untuk masa depan.

"Lagu berirama pop, blues, rock, dan reggae dengan harmonisasi yang mudah dipahami dan dinikmati," ucap Amir.

Syair atau teks lagu tidak terlalu pendek atau panjang. Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia. Berdurasi maksimal 3,5 menit.

"Tidak plagiat, membuat partitur not balok atau not angka lagu yang dibuat," jelas Amir.

Para peserta juga diminta untuk mencantumkan sang pencipta lagu tidak lebih dari dua personel/pencipta. Selain itu, foto pencipta lagu juga dilampirkan.

"Hasil lagu bentuk MP3, identitas, partitur, pas foto dikirimkan ke alamat e-mail ciptakaryalagu@gmail.com," jelas Amir.

Ketiga lomba tersebut, tegas Amir, tidak dipungut biaya apa pun. Pemenang lomba-lomba tersebut akan diumumkan pada 10 Agustus 2015 melalui website marinir.tnial.mil.id atau www.marinircoralsaver.com.

Hadiah juara pertama sebesar Rp 10 juta, juara kedua Rp 7,5 juta, dan ketiga 5 juta. Mereka juga akan mendapat tropi dan piagam. Selain itu, juara harapan akan mendapatkan uang Rp 3 juta, harapan kedua, Rp 2 juta sedangkan harapan ketiga mendapatkan Rp 1 juta.

"Juara harapan juga akan mendapatkan piagam," tukas Amir.(Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.