Sukses

Kebakaran di Bandara Soetta, Ratusan Calon Penumpang Menumpuk

Sementara penumpang lain, Erik, memilih reschedule penerbangan ke Bangkok, dari jadwal sebelumnya pukul 09.40 WIB.

Liputan6.com, Tangerang - Kebakaran di Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta (Soetta), berakibat terjadi penumpukan penumpang. Para calon penumpang merasa kecewa dengan pelayanan bandara, karena kebakaran ini menyebabkan sejumlah penerbangan delay atau tertunda.

Seorang penumpang Garuda Indonesia tujuan Padang, Prana Pratama (34) mengatakan, semula jadwal keberangkatan pesawatnya pukul 11.25 WIB. Namun akibat kebakaran yang terjadi sejak pukul 05.45 WIB ini, terpaksa dibatalkan.

"Saya mau ke Medan karena ada keluarga yang meninggal. Karena delay jadi saya batalkan. Percuma reschedule juga, nggak bakal kekejar pemakaman di sana," keluh dia, di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu (5/7/2015).

Menurut Prana, akibat penundaan penerbangan ini sangat merugikan dirinya dan calon penumpang lain.

"Jelas sangat terganggu. Gara-gara kebakaran, semua pelayanan lumpuh. Sudah gitu tidak ada petugas yang bertanggungjawab mengenai kejelasan penumpang yang gagal berangkat. Saya dilempar ke sana sini. Ini bisa jadi tertawaan dunia," kata dia.

Prana pun memilih refund 2 tiket yang sudah dibeli, Rp 2,8 juta dan Rp 4,3 juta di kantor layanan pelanggan Garuda Indonesia, Terminal 2F, Bandara Soetta.

Sementara penumpang lain, Erik, memilih reschedule penerbangan ke Bangkok, dari jadwal sebelumnya pukul 09.40 WIB. Sebab, dia harus mengikuti pelatihan pendidikan besok pagi. "Saya reschedule pukul 12.55 WIB. Besok pagi saya dijemput di sana," ujar Erik.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Budi Karya Sumadi mengatakan, kebakaran yang terjadi di Terminal 2E, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng, Tangerang, diduga akibat titik api yang muncul dari JW Lounge.

Menurut Budi, laporan awal diterima unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK) PT Angkasa Pura II (Persero) pada pukul 05.50 WIB. Kemudian petugas tiba di lokasi pukul 06.10 WIB dan pukul 07.45 WIB api dapat dikuasai, kemudian dilakukan proses pendinginan.

Budi mengatakan, hingga kini petugas bandara masih membesihkan area kebakaran, sehingga Pintu 3 Terminal 2E ditutup. Sementara penumpang dapat melakukan check-in melalui Pintu 1 dan Pintu 2, untuk keberangkatan internasional dan Pintu 4 rute domestik.

Sementara akibat kebakaran, 33 penerbangan di Bandara Soetta pun delay, yakni dari maskapai Garuda Indonesia dan 3 maskapai asing, yakni China Southern, Xiamens Air, Malaysia Airlines. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini