Sukses

Dampak Kebakaran di Bandara Soetta, 33 Penerbangan Delay

Delay atau keterlambatan ini termasuk dialami 3 penerbangan internasional, yakni China Southern, Xiamens Air, dan Malaysia Airlines.

Liputan6.com, Tangerang - Akibat kebakaran yang melanda Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, tiga penerbangan internasional mengalami delay atau keterlambatan. Sementara, terdapat 30 penerbangan lain yang delay akibat kebakaran ini.

Adapun penerbangan internasional yang mengalami delay adalah China Southern dengan nomor penerbangan 388 dari schedule atau jadwal pukul 09.05 WIB, menjadi berangkat pada pukul 12.00 WIB.

"Kemudian Xiamens Air nomor penerbangan 870 dari schedule 08.10 WIB, menjadi berangkat pukul 12.00 WIB," ucap Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi di Tangerang, Minggu (5/7/2015).

Dan terakhir, Malaysia Airlines nomor penerbangan 712 dari schedule 09.45 WIB menjadi berangkat pukul 11.30 WIB. Prioritas penanganan delay, lanjut Agus, adalah para calon penumpang yang telah tiba di bandara, sementara itu untuk jadwal berikutnya diupayakan on schedule atau tepat waktu.

Secara total saat ini sudah sebanyak 30 penerbangan yang mengalami penundaan keberangkatan atau delay di atas 30 menit. Sebagai langkah kontingensi menanggulangi delay yang terjadi maka dilakukan perubahan proses check-in di bandara, yakni penumpang domestik Garuda Indonesia dipusatkan di Terminal 2F, sedangkan penumpang internasional di Terminal 2D.

"Garuda tetap mengupayakan layanan check-in dengan manual karena sistem belum berfungsi. Pada pukul 08.35 WIB, check in counter mulai dioperasikan kembali," ujar Agus.

Garuda juga akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar atau widebody untuk mengangkut penumpang yang sudah terkena delay khusus keberangkatan ke Surabaya dan Denpasar, sehingga jadwal keberangkatan bisa dilakukan hari ini. Adapun penumpang Garuda juga diberikan fasilitas rescheduling atau penjadwalan ulang tanpa biaya tambahan.

Langkah kontingensi lain, seluruh operasional penerbangan luar negeri termasuk proses check-in dari Lion Air dan Malindo yang sebelumnya di Terminal 2 dipindahkan ke Terminal 3 Bandara Soetta. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini