Sukses

Status Siaga, Gunung Raung Terus Bergemuruh

Sutopo menjelaskan, saat ini Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas tremor vulkanik Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur terus terjadi. Hari ini teramati asap putih kelabu tebal dengan ketinggian 100-400 meter ke tenggara.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Raung juga hari ini mengeluarkan suara gemuruh lemah hingga sedang.

"Suara gemuruh ini disebabkan letusan yang terjadi terus-menerus. Kerasnya suara gemuruh disebabkan kawahnya dalam dan luas, sehingga menggema. Terlihat cahaya api di puncak kawah," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/7/2015).

Sutopo menjelaskan, saat ini Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian. Tipe strombolian adalah gunungapi yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan.

"Umumnya letusan ini tidak terlalu kuat, namun bersifat terus-menerus, dan berlangsung lama," jelas dia.
 
Dengan status Siaga atau Level III, Sutopo mengatakan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan, agar tidak ada aktivitas masyarakat di dalam radius 3 kilometer.

"Sebab di dalam radius 3 kilometer berpotensi terkena material letusan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. BNPB, BPBD Jawa Timur dan BPBD Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo terus melakukan langkah antisipasi," beber dia.

Upaya Antisipasi

Sutopo mengatakan, BNPB mendampingi BPBD menyempurnakan rencana kontinjensi. Selain itu, BPBD Jawa Timur telah menyerahkan 120.000 masker kepada BPBD, BPBD Bondowoso mendirikan posko di Desa Sumber Wringin dengan menyiapkan 100 personel dari berbagai unsur, dan 7.000 lembar masker telah dibagikan kepada masyarakat.
 
"BPBD Banyuwangi telah mendirikan posko dan rakor dengan TNI, Polri, SKPD dan relawan. Hujan abu tipis terpantau di area Bandara Blimbingsari dan di Kecamatan Songgon dan Sempu Kabupaten Banyuwangi," ujar dia.

Namun, Sutopo menambahkan, aktivitas penerbangan masih normal. Sekitar 8.000 lembar masker juga telah dibagikan ke masyarakat. Hal yang sama juga dilakukan BPBD Jember melakukan upaya antisipasi.

"2 Desa di Situbondo hujan abu yaitu Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih dan Desa Bantal Kecamatan Asembagus. Aktivitas masyarakat tetap normal," pungkas Sutopo. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.