Sukses

Foto-Foto Kebakaran Terminal 2E Bandara Soetta

Dalam salah satu foto terlihat semburat oranye si jago merah di sela-sela ruangan di dalam Terminal 2E Bandara Soetta.

Liputan6.com, Tangerang - Si jago merah menyambangi Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB. Akibat kebakaran tersebut, terminal itu sempat ditutup total.

Sebanyak 6 unit mobil Damkar Bandara Soekarno-Hatta diturunkan untuk memadamkan api. Dan baru sekitar pukul 07.30 WIB api berhasil dipadamkan.

Seorang calon penumpang, Syarif Hidayatullah, sempat mengabadikan momen kala api masih membara di Terminal 2E Bandara Soetta, Minggu (5/7/2015). Dalam salah satu foto terlihat semburat oranye si jago merah di sela-sela ruangan.

(Dokumentasi penumpang Bandara Soetta, Syarif Hidayatullah)

Dalam foto lainnya nampak kepulan asap sempat menyelimuti seisi bagian dalam terminal.

(Dokumentasi penumpang Bandara Soetta, Syarif Hidayatullah)

Ada pula gambar kepulan asap di antara langit biru terlihat yang terlihat dari kejauhan bandara.

(Dokumentasi penumpang Bandara Soetta, Syarif Hidayatullah)

Sementara di foto lain terlihat atap terminal bagian luar yang rusak pasca-dilalap api.

(Dokumentasi penumpang Bandara Soetta, Syarif Hidayatullah)

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Baik para calon penumpang maupun petugas langsung dievakuasi saat kebakaran terjadi.

Kabag TU Otoritas Bandara Soetta, Israful Hidayat, mengatakan api muncul pertama kali dari JW Sky Lounge yang berada dalam terminal.

"Titik api muncul pertama kali dari JW Sky Lounge itu, tapi untuk penyebabnya apa, masih diselidiki dulu," ujar Israful di lokasi, Tangerang, Banten.

Beredar kabar kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari dalam dapur JW Sky Lounge yang berada di dalam. Namun, Israful enggan berkomentar panjang saat dikonfirmasi. "Segala kemungkinan ada. Nanti saja, kami sedang selidiki lebih lanjut ," kata dia.

Meski api telah padam, Terminal 2E ini dipastikan belum bisa beroperasi maksimal pascakebakaran. Terminal ini baru bisa menampung keberangkatan domestik dengan Garuda Indonesia.

(Dokumentasi penumpang Bandara Soetta, Syarif Hidayatullah)

Sementara untuk keberangkatan penerbangan internasional belum bisa menggunakan Terminal 2E. Hal ini bukan hanya karena Kantor Imigrasi yang berada dalam terminal tersebut masih ditutup. Namun, ada bagian bandara yang harus diperbaiki lantaran kebakaran pagi tadi.

Seperti diungkapkan Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II, Agus Haryadi, saat dihubungi melalui telepon. "Untuk keberangkatan internasional dari sebelumnya di Terminal 2E sementara dipindahkan ke Terminal 2D," tutur Agus.

Sementara itu, akibat kebakaran ini beberapa penerbangan pun mengalami delay. Garuda Indonesia menyatakan siap me-refund tiket yang sudah dibeli dan dijadwalkan berangkat pada pukul 05.55 atau pada saat kebakaran terjadi. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini