Sukses

Lolos Seleksi Awal Capim KPK, Ini Harapan Johan Budi

Johan Budi termasuk 194 orang yang lolos seleksi tahap pertama capim KPK.

Liputan6.com, Jakarta - 194 Nama lolos uji tahap I oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK). Dari jumlah tersebut, 23 di antaranya adalah perempuan.

Berdasarkan data Pansel KPK, 194 orang yang lolos, terdapat nama-nama peserta yang tidak asing lagi dalam dunia hukum. Seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie dan‎ mantan Juru Bicara KPK yang kini Pelaksana tugas pimpinan lembaga antirasuah tersebut, Johan Budi SP.

"Alhamdulillah lolos tahap pertama. Dan kita sedang menyiapkan ujian berikutnya. Alhamdulillah kalau masih lolos (tahap berikutnya)," ucap Johan Budi kepada Liputan6.com via telepon di Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Menyoal persiapannya bila kelak terpilih kembali, Johan menekankan hal yang pertama adalah marwah pemberantasan korupsi harus semakin ditingkatkan.

"Tapi semuanya kita serahkan kepada pansel. Mudah-mudahan yang terpilih nanti jadi pimpinan KPK, putra-putri terbaik bangsa demi pemberantasan korupsi," tandas Johan.

Tak hanya Johan, dari internal KPK yang lolos terdapat nama Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono dan jaksa KPK, Yudi Kristiana. Selanjutnya ada mantan pegawai KPK juga turut melaju. Di antaranya, Chezna Fizetti Anwar, Roni Ihram Maulana, Lambok Hutauruk, dan Rooseno.

Sebelumnya, menurut Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti saat jumpa pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Juli 2015, guna mengetahui nama-nama yang lolos, masyarakat maupun pendaftar dapat melihat di laman www.capimkpk.setneg.go.id. Diharapkan dalam laman itu pula masyarakat dapat memberikan masukan terhadap calon pimpinan KPK. (Ans/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini