Sukses

Gempa di Barat China Tewaskan 3 Orang dan Ribuan Rumah Rusak

Tim medis, tenda dan lebih dari 500 anggota militer dalam perjalanan ke daerah-daerah yang terkena dampak.

Liputan6.com, Beijing - Sebuah gempa kuat dan beberapa gempa susulan menghantam wilayah barat China, Jumat 3 Juli 2015 sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat. Gempa di Kota Pishan yang masuk dalam wilayah Hotan Xinjiang itu menurut Survei Geologi AS (USGS) berkekuatan 6,4 skala Richter.

"Bangunan bergetar dan orang-orang bergegas ke jalan," ujar Jin Xingchang, seorang kurir pengiriman barang di Jota Hotan, sekitar 9 mil dari Pishan, seperti dilansir weather.com.
 
Reuters juga melaporkan, sedikitnya 3 orang tewas, turun dari 6 sebelumnya, 43 terluka dan 3.000 struktur bangunan rusak atau roboh.
 
Menurut kantor berita Xinhua, pemerintah China telah mengeluarkan tanggap darurat kelas-IV --tingkat terendah dalam upaya tanggap darurat China-- untuk wilayah yang terkena gempa dengan memobilisasi sumber daya untuk upaya pemulihan.

Tim medis, tenda dan lebih dari 500 anggota militer dalam perjalanan ke daerah-daerah yang terkena dampak. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

Video Terkini