Sukses

Aparat Palestina Tangkap Lebih dari 100 Anggota Kelompok Hamas

Para pejabat Otoritas Palestina mengatakan penangkapan ini ditujukan untuk mencegah Hamas mengganggu keamanan di Tepi Barat.

Liputan6.com, Tepi Barat - Aparat keamanan Otoritas Palestina menangkap lebih dari 100 anggota kelompok Hamas di Tepi Barat yang diduduki Israel. Ini adalah gelombang penangkapan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Para pejabat Otoritas Palestina mengatakan penangkapan ini ditujukan untuk mencegah Hamas mengganggu keamanan di Tepi Barat.

"Kami menahan mereka untuk diinterogasi atau diajukan ke pengadilan berdasarkan bukti-bukti bahwa mereka mengancam stabilitas keamanan internal Palestina," kata Adnan Al-Damiri, juru bicara bidang keamanan Otoritas Palestina, seperti dikutip Reuters, Jumat 3 Juli 2015.

"Mereka mencoba menjerumuskan kami untuk terlibat dalam konfrontasi militer," imbuhnya.

Namun juru bicara Hamas menggambarkan penangkapan ini sebagai upaya menghentikan serangan-serangan mematikan Israel di Tepi Barat dalam beberapa waktu terakhir. Hamas juga menuduh Otoritas Palestina bekerja untuk kepentingan Israel.

"Tindakan kolaborator seperti ini tidak akan menghancurkan atau melemahkan perlawanan kami," kata Abu Zuhri, juru bicara Hamas.

Sementara militer Israel mengatakan tak punya informasi tentang penangkapan anggota-anggota Hamas oleh Otoritas Palestina.

Penangkapan dilakukan beberapa hari setelah Israel menangkap puluhan anggota Hamas yang mereka katakan berencana menyerang Israel. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini