Sukses

Ahok: Pernah Dengar Merek Komodo? Makanya Jangan Beli Bus Aneh

Bus Transjakarta merek Komodo terbakar di Halte Salemba Universitas Indonesia (UI), Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Bus Transjakarta kembali terbakar di Halte Salemba Universitas Indonesia (UI), Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Ahok, menilai insiden itu terjadi karena kualitas bus yang tak bagus.

"‎Itu yang saya bilang kalau kita mau beli bus, jangan beli barang yang aneh-aneh deh. Kamu pernah dengar enggak sih bus merek Ko‎modo?" tegas Ahok di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Bus Komodo yang dimaksud Ahok adalah armada Transjakarta yang dioperasikan PT Eka Sari Lorena. Bus tersebut hangus terbakar dan kini dilarang beroperasi.

‎Ahok pun meminta agar di masa mendatang operator Bus Transjakarta memilih menggunakan bus dengan kualitas baik, bukan abal-abal. "Kalau produksi lokal, karoserinya, tapi busnya harus tetap kelas dunia," tutur dia.

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih, mengatakan, jumlah total Bus Transjakarta yang dilarang beroperasi ada 12 unit. Selama larangan beroperasi itu berlaku, bus dengan jenis yang sama dengan bus yang terbakar itu akan diperiksa kelengkapan peralatan dan kondisi teknisnya.

"Kami minta Lorena memanggil teknisi dari Komodo untuk bersama-sama teknisi kami melakukan audit dan pemeriksaan teknis terhadap 12 bus sisanya. Kami tidak akan izinkan bus-bus tersebut beroperasi sebelum kami periksa. Kami tidak mau terjadi lagi hal yang sama karena keselamatan penumpang adalah utama bagi kami," kata Kosasih dalam keterangan tertulisnya. (Vin/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.