Sukses

Hercules Percikkan Api, 8 Jenazah Diterbangkan Pesawat CN-295

Pesawat CN-295 yang digunakan dengan tile number A-2905 itu berangkat pukul 10.47 WIB dari Medan.

Liputan6.com, Medan - Sebanyak 8 jenazah korban kecelakaan pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, diberangkatkan ke daerah asal untuk dimakamkan. Seharusnya, 8 jenazah itu diberangkatkan pukul 06.00 WIB menggunakan pesawat Hercules dengan tile number A-1321.

Namun, pemulangan jenazah harus dibatalkan karena muncul percikan api di bagian kokpit pesawat tipe yang sama dengan Hercules yang jatuh Selasa 30 Juni 2015 itu.

Agar cepat dimakamkan, pihak TNI Angkatan Udara segera memanggil pesawat lainnya untuk melanjutkan pemberangkatan 8 jenazah beserta keluarganya. Pesawat CN-295 buatan Indonesia yang juga menjadi alutsista TNI AU diberangkatkan dari Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Tadi langsung dibatalkan pemberangkatan dan kita jadinya pakai CN 295 dari Halim. Seperti arahan Pangkoops kita enggak mau ambil risiko," ujar staf penerangan Lanud Soewondo, Mayor Jhoni Tarigan, di Base Off Lanud Soewondo, Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7/2015).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pesawat CN 295 tiba di Lanud Soewondo pukul 09.48 WIB. Pesawat tersebut akan mengangkut 8 jenazah dan keluarganya dengan rute Medan-Tanjung Pinang-Pekanbaru-Malang-Halim.

8 peti jenazah yang semula masih di dalam pesawat Hercules pun langsung dipindahkan oleh sekitar 20 prajurit Paskhas TNI AU ke pesawat CN-295. Seusai mengisi bahan bakar di Lanud Soewondo, pesawat CN-295 pun langsung diberangkatkan melalui rute tersebut.

Pesawat CN-295 yang digunakan dengan tile number A-2905 itu berangkat pukul 10.47 WIB.

Berikut daftar 8 nama jenazah yang diberangkatkan:

1. Wahyu Rezqi Fitra (mahasiswa baru Universitas Riau akan dibawa ke Ranai-Pulau Natuna).
2. Robianto (mahasiswa baru Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Riau, akan dibawa ke Ranai-Pulau Natuna).
3. Roslina Wati (ibu Robianto akan dibawa ke Ranai-Pulau Natuna).
4. Indriana br Sembiring (akan dibawa ke Ranai-Pulau Natuna).
5. Anggi (mahasiswa di Pekanbaru, akan dibawa ke Ranai-Pulau Natuna).
6. Reski Budi Perkasa (mahasiswa-Pekanbaru).
7. Rinaldi Wahyu (Pekanbaru).
8. Erni br Sembiring (Malang).

 

(Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini