Sukses

Kelompok Boko Haram Bunuh Puluhan Warga yang Sedang Salat Magrib

Babami mengatakan, para korban tak bisa menghindar. Anggota militan kemudian menyerang rumah-rumah penduduk dan menembaki penghuninya.

Liputan6.com, Abuja - Hampir 100 orang tewas dalam serangan terhadap masjid dan rumah-rumah di sebuah desa di utara-timur Nigeria oleh kelompok militan Boko Haram.

"Para penyerang telah menewaskan sedikitnya 97 orang," ujar seorang warga Desa Kukawa yang memberikan namanya sebagai Kolo seperti dikutip The Guardian, Kamis (2/7/2015).

Saksi mata ini mengatakan ia telah menghitung seluruh jenazah korban. Kolo yang seorang nelayan itu mengaku menyaksikan serangan pada Rabu malam waktu setempat itu dan keluarga pamannya ikut menjadi korban.

"Mereka menyapu bersih keluarga Paman saya. Mereka juga membunuh 5 orang anaknya dan membakar seluruh rumah," kata Kolo.

Saksi lainnya, Babami Alhaji Kolo, yang melarikan diri ke Maiduguri, ibukota negara bagian Borno di mana serangan itu terjadi, mengatakan lebih dari 50 militan menyerbu desa pada Rabu malam.

"Para teroris itu pertama menyerang jemaah muslim di berbagai masjid yang tengah melaksanakan salat magrib usai berbuka puasa," kata dia.

"Mereka menembaki para jemaah yang kebanyakan laki-laki dan anak-anak," imbuh dia.

Babami mengatakan, para korban tak bisa menghindar. Anggota militan kemudian menyerang rumah-rumah penduduk dan menembaki penghuninya.

"Mereka tak bisa menghindar. Bahkan, sementara beberapa teroris menunggui mayat yang terbakar, yang lain terus masuk ke rumah-rumah dan menembak tanpa pandang bulu pada perempuan yang sedang menyiapkan makanan," kata dia. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini