Sukses

Dukung Program Blusukan Kapolda Metro, Eks Menteri Sumbang Sepeda

Mantan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menyumbangkan 300 unit sepeda kepada Kepolisian Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menyumbangkan 300 unit sepeda kepada Kepolisian Polda Metro Jaya. Ketua Umum PPP yang mengaku tumbuh di bantaran Ciliwung itu berharap sepeda tersebut dapat digunakan polisi untuk mengakrabkan diri dengan warga Jakarta di perkampungan dan pemukiman padat penduduk.

Djan menyatakan sangat mendukung sikap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian yang mau 'blusukan' dan meninjau langsung kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah jajaran Polda Metro Jaya. Dengan meleburkan diri bersama masyarakat, polisi akan lebih mudah mengawasi gerak-gerik perilaku menyimpang yang ada di wilayah tempatnya berdinas.

"Jadi begitu beliau punya cita-cita ingin mendekatkan Polri dengan masyarakat, dengan cara inilah polisi bisa tahu dimana sarang narkoba, sarang pelacuran dan lain sebagainya. Sehingga bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin. Saya hargai kemampuan dan cita-cita beliau, semoga cita-citanya berhasil dan Jakarta aman," ujar Djan di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Ia bernostalgia sewaktu menjadi Menteri Perumahan Rakyat dan Tito sebagai Kapolda Papua. Saat itu Djan mengaku sudah melihat sosok polisi yang humanis dalam diri Tito.

"Saya mempunyai hubungan dengan Kapolda sejak dia di Papua, waktu itu saya Menteri Perumahan Rakyat. Beliau saya lihat memperjuangkan rakyat, peduli rakyat, termasuk membangun markas Brimob untuk menciptakan rasa aman dan membuat rumah pintar. Begitu beliau cerita cita-citanya, saya terharu," papar Djan.

Dia pun berharap masing-masing kelurahan di wilayah Polda Metro Jaya akan memiliki polisi bersepeda. Untuk kelurahan yang termasuk luas, personel polisi sepeda akan ditambah satu lagi.

Selain memberikan sepeda, Djan juga menghibahkan 10 Segway yang rencananya akan digunakan polisi untuk berselacar di tengah kerumunan orang banyak seperti saat car free day atau aksi unjuk rasa.

Sementara itu Kapolda Tito mengatakan, 300 sepeda akan diperuntukan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Metro Jaya. Para personel yang diberikan sepeda akan disebar ke 267 kelurahan di DKI Jakarta. Sementara Segway akan diperuntukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Dengan adanya sumbangan Pak Djan ini, saya juga berharap agar polisi lebih banyak kontak masyarakat dengan masuk ke dalam gang-gang. Mudah-mudahan anggota mau pakai. Dengan adanya sepeda ini efektif, kita akan gunakan untuk Babinkamtibmas patroli di gang-gang," tutup Tito. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.