Sukses

Jadi Kepala BIN, Sutiyoso Akan Rekrut Ribuan Orang

BIN membutuhkan setidaknya 5.000 orang dari berbagai bidang keahlian.

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal kepemimpinannya nanti sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Sutiyoso yang telah menjalani fit and proper test dan disetujui sebagai calon tunggal Kepala BIN oleh DPR, akan melakukan rekrutmen besar-besaran di lingkungan BIN.

"‎Satu tahun ini kita harus merekrut 1.000 orang, terutama untuk menghadapi pemilu serentak ini. Kondisi itu harus bisa kita pantau sedini mungkin‎," ujar Sutiyoso usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).

Pria yang kerap disapa Bang Yos ini mengatakan, jumlah sumber daya manusia (SDM) di BIN saat ini jauh dari cukup. Jumlah personel yang bertugas di BIN yaitu 1.975 orang yang terdiri dari berbagai bidang keilmuan.

Sedangkan, menurutnya, untuk menghadapi berbagai tantangan dan tugas yang harus diemban, BIN membutuhkan setidaknya 5.000 orang dari berbagai bidang keahlian.

"Saat ini kurang, sekarang saja, 1 anggota BIN ditugaskan untuk meng-counter 3 kabupaten. (Rekrutmen baru) untuk menutupi ini," ucap dia.

Namun demikian, untuk merekrut ribuan orang masuk dalam BIN, negara tentunya harus mengeluarkan anggaran lebih besar untuk BIN. Menurut Bang Yos, untuk masalah anggaran, akan dibicarakan lebih lanjut oleh Presiden dan kementerian terkait.

"Ya pasti harus mengikuti itu (anggaran), kita tambah personel dan kita beli alat super canggih ya tentu kaitannya dengan anggaran. Kalau itu sudah perintah presiden kita cari jalan keluarnya. Bisa saja itu bertahap sesuai keuangan negara," ‎tandas Sutiyoso. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • BIN

Video Terkini