Sukses

Sambangi Kantor Menteri Rini, Ahok Bahas Pembangunan Kereta Cepat

Ahok mengungkapkan, ada permasalahan terkait ukuran LRT yang akan dibangun di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Ahok menghadiri pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno di kantor BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas soal rencana pembangunan kereta api cepat rute Jakarta-Bandung dan pembangunan light rail train (LRT)

"Kita bahas dua, satu kereta api cepat Jakarta-Bandung, satu lagi LRT. Nah LRT dari PT Adhi Karya juga akan bangun dari Cibubur, dari Bekasi menuju Grogol, nah kita masih sama-sama duduk sepakat itu saja," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu mengungkapkan, ada permasalahan terkait ukuran LRT yang akan dibangun di Jakarta. Sebab, PT Adhi Karya sebelumnya mengusulkan agar LRT Jakarta nantinya dibangun di atas rel yang lebar, yakni 1.435 milimeter. Padahal besaran rel kereta yang sudah ada di Jakarta memiliki ukuran yang tergolong sempit.

"Kalau saya pribadi, saya pilih (rel) yang sempit. Soalnya sudah nanggung bukan masalah Tiongkok atau Jepangnya bagi saya gitu loh, supaya sama-sama toh kereta api sudah yang sempit, MRT sempit, LRT sempit, jadi nyambungnya sama," ucap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan peletakan batu pertama proyek LRT dilakukan tahun ini. Proyek pembangunan pola transportasi massal di Ibukota itu akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk membangun infrastruktur bawah.

Sementara itu, BUMN dan BUMD yang ikut dalam proyek itu akan mengoperasikan LRT dan mendapat keuntungan dari pembelian tiket. Rencananya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan menggandeng perusahaan Jepang untuk pengadaan LRT ini dan perusahaan Tiongkok untuk menggarap infrastruktur di bawah rel.

Pemprov DKI Jakarta akan membangun tujuh rute LRT dengan depo utama berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ketujuh rute yang akan dibangun, ialah Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km), Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km).

Untuk membangun semua rute itu, dibutuhkan biaya Rp 30 triliun. Anggaran yang dibutuhkan untuk satu rute LRT sekitar Rp 7,5 triliun. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
    Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

    Rini Soemarno

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT