Sukses

Wasekjen PDIP: Nama Calon Menteri Ada di Tangan Megawati

PDIP telah mempertimbangkan kader-kader partai di KMP masuk ke dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menambah 4 sampai 5 kursi menteri, setelah isu reshuffle kabinet mencuat.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Ahmad Basarah, mengisyaratkan nama-nama itu sudah ada. Dia mengatakan, nama-nama tersebut langsung dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Urusan nama itu menjadi hak prerogatif Ketua Umum. Siapa yang diusulkan atau siapa yang akan dicalonkan sepenuhnya ada di tangan Ibu Mega," ujar Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Saat ditanya apakah nama tersebut sudah diberi tahu oleh Megawati di tingkatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, dia hanya mengatakan bukan menjadi kewenangannya untuk mengumumkannya.

"Kalaupun ada informasi tersebut. Itu bukan menjadi hak saya untuk mengumumkan ke publik," tutur anggota Komisi III DPR itu.

Basarah juga tidak membantah, PDIP telah mempertimbangkan kader-kader partai di Koalisi Merah Putih (KMP) masuk ke dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Sebab hal itu membawa keuntungan ganda bagi pemerintahan sekarang.

"Selain memang mencari menteri-menteri yang kompeten, dengan mempertimbangkan kekuatan politik, maka dengan masuknya partai KMP di kabinet, ini membawa keuntungan ganda bagi pemerintahan," tutur dia.

Meski demikian, dia enggan mengungkapkan, siapa partai KMP yang akan dipertimbangan partai-partai di Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Meskipun akhir-akhir ini, Partai Amanat Nasional (PAN) yang paling santer dikabarkan akan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla tersebut. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini